Orléans Masters 2022 - Putri KW Juara!

Putri Kusuma Wardani (Tangkapan Layar Fédération Française Badminton)
Putri Kusuma Wardani (Tangkapan Layar Fédération Française Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta - Putri Kusuma Wardani adalah orang Indonesia pertama yang menjuarai Orléans Masters, setelah pada partai final tunggal putri mengalahkan pebulu tangkis asal Amerika Serikat (AS), Iris Wang. Atlet berusia tahun 19 tahun itu keluar sebagai juara Orléans Masters 2022, Minggu (3/4), di Palais des Sports, Orléans, Prancis, setelah melalui drama tiga gim 7-21, 21-19, 21-18 dalam tempo 62 menit.

Putri membuka gim pertama dengan meraih poin pertama 1-0. Namun, Wang, yang bertanding tanpa pelatih di sisi belakang lapangan, melesat dan unggul 4-1. Pebulu tangkis kelahiran Pasadena, California, AS, itu memperlebar jarak keunggulan menjadi 6-3.

Jelang interval, Wang terus melaju dan unggul 8-5 setelah Putri beberapa kali melakukan kesalahan dalam penempatan bola.

Wang unggul pada interval gim pertama dengan skor 11-5.

Usai interval, Wang melanjutkan tren perolehan poin demi poin hingga kedudukan 14-5. Putri berupaya bangkit dengan membukukan dua poin berikutnya. Namun, upayanya terhenti setelah melakukan kesalahan di depan net. Wang terus melaju dan menutup gim pertama dengan skor 21-7 dalam tempo 12 menit.

Kedua pemain memulai gim kedua dengan reli-reli panjang. Skor sama tercipta di awal gim kedua, sebelum Wang memperlebar keunggulan 4-2.

Putri, pemain berperingkat 78 dunia, mampu memperkecil jarak dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Namun, laju perolehan poin bagi Putri sempat terhenti lantaran beberapa kesalahan sendiri, seperti bola menyangkut di net atau penempatan bola yang kurang akurat.

Skor ketat terus terjadi hingga 8-8, sebelum Putri menutup interval gim kedua dengan keunggulan 11-8.

Selepas interval, Putri memperbesar jarak keunggulan menjadi 14-10. Reli-reli panjang kembali disuguhkan oleh kedua pemain. Dengan ulet, Wang meladeni permainan depan, belakang, dan mengejar setiap bola yang diarahkan oleh Putri. Kerja keras Wang terbayar, setelah pemain berusia 29 tahun itu membuat kedudukan sama kuat 17-17.

Namun, Putri mampu lolos dari kejaran Wang dan memenangkan gim kedua 21-19.

Pada gim ketiga, kedua pemain saling menunjukkan permainan menyerang. Putri membuka gim ini dengan keunggulan 2-0 sebelum disamakan oleh Wang. Kedudukan sama kuat terus terjadi hingga 5-5.

Usai menyamakan kedudukan 7-7, Putri terus memperlebar jarak keunggulan dan menutup interval gim ketiga dengan skor 11-8.

Seusai interval, Wang berhasil meraih dua poin beruntun dari kesalahan yang dilakukan Putri. Namun, Putri mampu mengemas tiga poin selanjutnya yang membuatnya unggul 14-10.

Putri terus mendulang poin hingga skor 16-11, sementara Wang gagal membendung laju Putri sebelum kedudukan 18-11.

Wang terus mengejar Putri jelang akhir gim ketiga hingga skor 20-18.

Namun, Putri kembali lolos dari kejaran Wang dan keluar sebagai juara Orléans Masters 2022 setelah mengantongi kemenangan pada gim penentu ini dengan skor 21-18.