Marcus Siap Bertanding

Marcus Fernaldi Gideon (Humas PP PBSI)
Marcus Fernaldi Gideon (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Marcus Fernaldi Gideon menyatakan siap bertanding di Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022. Dikabarkan, kondisi atlet spesialis ganda ini sudah mulai membaik. Walau belum 100 persen, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo tersebut bertekad tampil memberikan yang terbaik, terlebih bermain di hadapan publik sendiri di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada minggu mendatang.

"Saya sudah mulai latihan tapi memang belum 100 persen, masih 70-75 persen. Masih ada ngilu-ngilu sedikit tapi oke. Kondisi nanti menjelang turnamen seharusnya sudah siap bertanding," tuturnya, sebagaimana dilaporkan laman berita Republika, Senin (30/5) pagi.

"Dari dokter sudah diizinkan untuk latihan dan memang harus dicoba," Marcus, menambahkan.

Kevin/Marcus alias "Minions" kali terakhir berlaga di All England 2022. Kala itu, ganda putra nomor satu dunia itu tersisih di babak semifinal setelah dikalahkan pasangan pelapis pelatnas Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri lewat drama tiga gim 20-22, 21-13, 16-21. Usai turnamen tertua di dunia tersebut, Marcus naik meja operasi lantaran cedera pada kedua pergelangan kakinya.

Marcus pun absen dari Piala Thomas 2022 di Bangkok, Thailand. Tim pelatih tim Thomas Indonesia kemudian memadukan Kevin dengan dua pemain ganda lainnya, Bagas Maulana dan Mohammad Ahsan. Di kejuaraan beregu bergengsi tersebut, India keluar sebagai juara untuk kali pertama.

Di lain sisi, Republika menyinggung ancaman dari pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang telah mengambil alih posisi peringkat kedua ganda putra dunia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Namun, Marcus menilai pergeseran posisi menjadi cambukan untuk mengejar prestasi lebih baik lagi, pascapemulihan cedera dalam beberapa bulan terakhir. "Pasti termotivasi untuk mempertahankan posisi pertama. Tapi, hadirnya ganda Jepang juga menunjukkan persaingan yang makin merata," katanya.

"Ini bagus untuk bulu tangkis," tambah Marcus.

Berdasarkan informasi pada laman Tournament Software, di babak pertama Indonesia Masters 2022 yang digelar pada 7-12 Juni, "Minions" akan meladeni pasangan Prancis, Christo Popov/Toma Junior Popov. Sedangkan di Indonesia Open 2022, 14-19 Juni, ganda putra tuan rumah Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso menjadi lawan "Minions" di babak awal.