Kuartet India Menuju Tokyo 2020

PUSARLA V. Sindhu (IND)
PUSARLA V. Sindhu (IND)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | India meloloskan empat wakilnya ke Olimpiade Tokyo 2020 yang direncanakan berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus 2021, yakni PV Sindhu, B Sai Praneeth, Satwiksairaj Rankireddy, dan Chirag Shetty. Sindhu, 26 tahun, digadang-gadang khalayak asal negara anak benua tersebut untuk meraih medali Olimpiade.

Sindhu, peraih medali perak bulu tangkis pada nomor tunggal putri Rio 2016, diharapkan dapat melanjutkan perjuangan rekan senegaranya, Saina Nehwal, yang tercatat sebagai peraih medali Olimpiade pertama bagi India di London 2012. Nehwal terpaksa menepi dan absen dari Tokyo 2020 setelah mengalami cedera saat berlaga di All-England pada Maret 2020.

Times Now Sports mengabarkan, keempat pebulu tangkis India ini menanggung beban cukup berat, menilik pada dua prestasi yang diukir Nehwal dan Sindhu di ajang multi-cabang empat tahunan tersebut.

"Nehwal yang membuka lembar sejarah sebagai atlet bulu tangkis India pertama yang meraih medali perunggu Olimpiade, yang kemudian dilanjutkan dengan keberhasilan Sindhu dengan pencapaian satu tingkat di atas dengan medali perak," tulis situs berita asal India ini.

Sementara bagi tunggal putra B Sai Praneeth, Tokyo 2020 tercatat sebagai debutnya di Olimpiade. Atlet berusia 28 tahun ini berada di peringkat 15 dari 16 pemain yang berhak maju ke perhelatan olahraga antar-bangsa tersebut. Praneeth, yang sepanjang karirnya telah mengantongi 226 kemenangan, pada tahun ini membukukan masing-masing tiga kemenangan dan kekalahan.

Serupa dengan Praneeth, Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty juga mengincar catatan sejarah meraih medali Olimpiade. Ganda putra juara Thailand Open 2019 sukses tembus Olimpiade setelah menghuni peringkat 9.

Keduanya dilatih Mathias Boe, pemegang medali perak London 2012.