(Korea Open) Rinov/Pitha Singkirkan Wakil Tuan Rumah

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) melepaskan serangan.
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) melepaskan serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Sektor ganda campuran Indonesia kembali meloloskan satu wakilnya ke babak 16 besar Korea Open 2019 BWF World Tour Super 500 melalui pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang berhasil menyingkirkan wakil tuan rumah, Ko Sung Hyun/Eom Hye Won lewat kemenangan 21-18, 18-21 dan 21-18 pada pertandingan yang berlangsung di Incheon Ariport Skydome, Selasa (24/9).

Lewat kemenangan yang berlangsung selama 59 menit itu, Rinov/Pitha sekaligus berhasil membayar kekalahan yang dialaminya atas Ko/Eom pada pertemuan di Korea Masters 2018 lalu. Saat itu, pasangan Juara Dunia Junior 2017 ini kalah dengan skor 21-13, 16-21 dan 13-21.

“Pertandingan hari ini lumayan baik dan cukup hoki juga di game pertama. Karena kan kita sempat ketinggalan juga. Game kedua ada peluang menang tapi kita nggak bisa memanfaatkannya. Game ketiga setelah unggul jauh, terus sempat lengah sedikit. Tapi akhirnya bisa menang,” kata Rinov Rivaldy.

“Kunci kemenangan dipertandingan tadi intinya fokus. Karena tadi di game ketiga kita sempat hilang banyak poin, tapi kita kembali untuk fokus. Dan juga yang paling penting adalah komunikasi. Kita harus saling mengingatkan,” lanjut Pitha Haningtyas Mentari menambahkan.

Selanjutnya, di babak dua Korea Open 2019 BWF World Tour Super 500, Rinov/Pitha masih harus menunggu calon lawannya yang baru akan bertanding, besok (25/9), yakni antara unggulan dua asal Tiongkok, Wang Yi Lyu/Huang Dong atau ganda campuran Taiwan, Wang Chi Lin/Cheng Chi Ya. Bila berhadapan dengan Wang/Huang, Rinov/Mentari tercatat pernah dua kali kalah. Sedangkan dengan Wang/Cheng, kedua pasangan belum pernah saling berhadapan.

“Kita sudah pernah ketemu sama Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dua kali dan kalah. Sebenarnya pola kita cocok, jadi besok mau berusaha lagi, benar-benar mempersiapkan kondisi, mental sama konsistensi di lapangan,” tutur Rinov.

“Kalau ketemu yang Taiwan kita juga harus mempersiapkan lagi. Semuanya dipersiapkan lagi. Target kita bisa melewati babak kedua dulu besok. Yang pasti kita akan melakukan yang terbaik,” tutup Pitha.