Korea Open 2022 - Puluhan Pemain Mundur, Jadwal Tanding Wakil Indonesia Berubah

Adnan Maulana (Humas PP PBSI)
Adnan Maulana (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Puluhan pemain dari sejumlah negara menarik diri dari Korea Open 2022. Pandemi Covid-19 belum usai, kendala dalam perjalanan, dan cedera, menjadi sebab pembatalan keikutsertaan di turnamen berlevel BWF World Tour Super 500 ini. Jadwal tanding empat wakil Indonesia di babak awal pun berubah. Dua ganda putra berganti lawan, sementara dua ganda campuran melewati babak awal tanpa bertanding alias bye.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) melalui lamannya menyatakan, wasit, dan penyelenggara turnamen, sepakat untuk melakukan pengundian ulang, khususnya pada sektor ganda putri dan ganda campuran. "Pihak penyelenggara harus melakukan penyesuaian mengingat banyaknya pemain yang menarik diri, terutama di kedua sektor tersebut. Jika tidak, maka undian menjadi tidak seimbang," tulis BWF, Senin (4/4).

Salah satu wakil Indonesia yang mendapatkan bye adalah unggulan kedelapan turnamen, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, yang semula dijadwalkan bertemu ganda campuran Singapura, Jun Liang Andy Kwek/Yujia Jin.

Rinov/Pitha masih menanti pemenang duel sesama wakil tuan rumah antara Wang Chan/Jung Kyung Eun Dan Dong Ju Ki/Kim Hyerin

Hal serupa juga terjadi pada Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso. Usai melalui babak pertama tanpa bertanding, Adnan/Mychelle yang tercatat sebagai unggulan ketujuh turnamen, akan bertemu pemenang laga antara Tae Yang Shin/Chang Ye Na (Korea Selatan) dan Yujiro Nishikawa/Saori Ozaki (Jepang)

Laman BWF juga mencantumkan perubahan pada sektor ganda putra. Unggulan kedua Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada undian awal dijadwalkan bertemu Ren Xiang Yu/Tan Qiang (China). Namun, berdasarkan hasil undian terbaru, pasangan berjuluk "The Daddies" ini bertemu wakil tuan rumah Chan Choo/Jin Choo.

Perubahan lawan tanding juga dialami Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yang semula dijadwalkan bertemu Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China). Fajar/Rian, yang menempati unggulan keempat, akan bertemu pasangan Gwang Min Na/Jin Seong Noh (Korea Selatan).

Indonesia juga menarik dua wakilnya dari turnamen yang digelar di di Palma Indoor Stadium, Suncheon, pada 5-10 April ini. Ganda putri anyar Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, batal tampil setelah Apriyani mengalami cedera betis kanan saat berlaga di All England 2022 pada pertengahan bulan lalu.

Ganda putra nomor satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juga mundur, karena Marcus harus menjalani operasi pada kedua pergelangan kakinya di Portugal pada awal bulan ini.

Berikut jadwal dan lawan tanding para wakil Indonesia di Korea Open 2022, Selasa (5/4):

Tunggal Putra
Anthony Sinisuka Ginting (1) vs. Lucas Claerbout (Prancis)
Soong Jong Ven (Malaysia) vs. Jonatan Christie (3)
Sitthikom Thammasin (Thailand) vs. Shesar Hiren Rustavito

Ganda Putra
Chan Choo/Jin Choo (Korea Selatan) vs. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (4) vs. Gwang Min NA/Jin Seong NOH (Korea Selatan)
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan vs. Krishna Prasad Garaga/Vishnuvardhan Goud Panjala (India)
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs. Hiroki Okamura/Masayuki Onodera (Jepang)
Ko Sung Hyun/Shin Baekchol (Korea Selatan/8) vs. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Ganda Campuran
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (bye)
Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso (bye)