Kejuaraan Dunia 2022 - Zacha/Bela Dihentikan Pasangan Belanda

Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela (Humas PP PBSI)
Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Tokyo | Langkah Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela harus terhenti di 32 besar Kejuaraan Dunia 2022. Ganda campuran Indonesia itu dihadang pasangan Belanda yang juga unggulan ke-15, Robin Tabeling/Selena Piek. Zacha/Bela takluk dua gim langsung 19-21, 16-21 dalam laga yang berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, Rabu (24/8) siang waktu setempat. Debutan ini merasa bisa tampil lebih baik. Namun, masalah pada bahu Zacha menjadi penghalang.

"Seharusnya main kita bisa lebih baik lagi tadi, tapi mungkin memang belum rejeki saja," ucap Zacha, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Dan tadi memang jujur saya ada kendala di bahu setelah gim pertama berakhir. Jadi pukulan saya pas gim kedua seperti tidak ada tenaganya. Itu membuat permainan kita tidak maksimal," Zacha, menambahkan.

Meski kalah, Zacha/Bela tetap bersyukur mendapat kesempatan tampil di turnamen mayor ini. Mereka menjadikan ini sebagai pelajaran dan pengalaman untuk melangkah ke depan. "Yang pasti kita sangat bersyukur dapat kesempatan ini, harusnya memang bisa lebih baik hasilnya tapi tidak apa-apa. Ini jadi nambah pengalaman dan pelajaran untuk kita step up ke depannya," tutur Zacha.
 
"Evaluasi hari ini dari semua faktor nonteknis sampai teknisnya, semuanya harus kita tingkatkan lagi ke depan. Kita mau lebih bersaing lagi di level atas, tidak hanya untuk cari pengalaman saja," demikian Zacha.

Indonesia masih memiliki dua wakil ganda campuran di babak 16 besar, yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Keduanya akan berlaga pada Kamis (25/8).