Kejuaraan Dunia 2022 - Marcus Siap Tampil

Marcus Fernaldi Gideon (Djarum Badminton)
Marcus Fernaldi Gideon (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Marcus Fernaldi Gideon dikabarkan telah berlatih bersama pasangannya, Kevin Sanjaya Sukamuljo, dalam rangka persiapan Kejuaraan Dunia 2022 di Jepang pada 22-28 Agustus. Pasangan berjuluk "Minions" ini merupakan satu di antara empat ganda putra "Merah Putih" yang akan berlaga di kejuaraan yang digelar di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, tersebut.

"Menurut Coach Herry IP, kondisinya baik-baik saja. Dan siap tampil di Kejuaraan Dunia. (Marcus) sudah berlatih seperti biasa," kata Kepala Bidang Humas dan Media PP PBSI Broto Happy, sebagaimana diberitakan laman berita Tempo, Kamis (28/7).

Pada akhir Juni 2022, Herry, pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, menyatakan bahwa "Minions" akan absen di tiga turnamen di Malaysia dan Singapura, karena Marcus belum pulih dari cedera dan belum dapat tampil maksimal seperti yang diharapkan. Kevin/Marcus pun akan fokus persiapan untuk menghadapi Kejuaraan Dunia 2022

"Waktunya untuk fokus ke persiapan menghadapi Kejuaraan Dunia saja agar performanya bisa lebih optimal," kata Herry, dalam siaran pers Humas PP PBSI, Kamis (23/6).

Herry juga berpendapat, penampilan "Minions" di Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022 merupakan ajang dan test case bagi Marcus untuk melihat bagaimana tingkat pemulihan setelah operasi. Meski belum pulih sempurna, tapi penampilan Kevin dan Marcus tetap diapresiasi olehnya. "Dengan kondisi belum pulih 100 persen, Marcus dan Kevin bisa tampil oke," katanya.

Sementara, dalam laporan CNN Indonesia, "Minions" telah memiliki pengalaman tampil di Kejuaraan Dunia sejak 2017. Namun, Kevin/Marcus belum pernah menjadi juara. Saat tampil pertama kali pada 2017, Kevin/Marcus, yang menempati unggulan ketiga, terhenti di babak delapan besar. Mereka kalah dari Chai Biao/Hong Wei.

Setahun kemudian, Kevin/Marcus yang menjadi unggulan pertama kembali kandas di perempat final. Ganda asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, menghentikan langkah "Minions" pada Kejuaraan Dunia BWF 2018.

Nasib Kevin/Marcus di Kejuaraan Dunia 2019 lebih buruk karena terhenti di babak kedua. "Minions" ketika itu kalah dari Choi Sol Gyu/Seo Sung Jae.

Kejuaraan Dunia adalah salah satu dari sedikit gelar bergengsi yang belum pernah diraih Kevin/Marcus.

Pada Kejuaraaan Dunia 2022, selain "Minions", skuad ganda putra Indonesia juga diperkuat Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri