Kalahkan Unggulan Ketiga, Ellis/Smith Juara Grup B

Selebrasi kemenangan ganda campuran Inggris Raya, Marcus Ellis/Lauren Smith. (Foto: BADMINTONPHOTO - Yves Lacroix)
Selebrasi kemenangan ganda campuran Inggris Raya, Marcus Ellis/Lauren Smith. (Foto: BADMINTONPHOTO - Yves Lacroix)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Status juara Grup B ganda campuran Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya menjadi milik pasangan Inggris Raya, Marcus Ellis/Lauren Smith. Pada laga pamungkas fase penyisihan Grup B, Ellis/Smith berhasil mengalahkan unggulan ketiga asal Thailand, Dechapol Puavanranukroh/Sapsiree Taerattanachai dengan skor 21-12 dan 21-19 pada pertandingan yang berlangsung di Mushashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Senin (26/7).

Dengan hasil manis tersebut, Ellis/Smith dipastikan lolos ke babak perempat final Olimpiade Tokyo 2020. Ganda campuran ranking delapan dunia itu mengaku sangat senang bisa menyapu bersih tiga kemenangan di fase penyisihan Grup B. Apalagi, ini juga menjadi kemenangan perdana Ellis/Smith atas Puavanranukroh/Taerattanachai dalam total lima pertemuan.

“Akhirnya ini terjadi. Kami belum pernah mengalahkan mereka sebelumnya. Kami kalah dari mereka beberapa kali. Jadi bagi kami, untuk mengalahkan mereka pada tahap ini sangat penting dan itu membuat perbedaan besar ke depan. Kami tahu setelah kemarin, ini adalah permainan freebie dan itu menghilangkan tekanan. Kemenangan ini adalah milik kami untuk diambil dan milik mereka untuk kalah. Saya terus mengingatkan diri saya tentang itu,” ungkap Lauren Smith.

“Kemarin kami mengatakan ada beberapa hal yang harus dikerjakan. Dan hari ini, kami keluar dengan pikiran jernih dan fokus. Tekanan justru muncul pada lawan kami,” sambung Marcus Ellis menambahkan.

Selama fase penyisihan Grup B, Ellis/Smith belum pernah kehilangan satu game pun. Pada laga pembuka, mereka mencatat kemenangan 21-18 dan 21-17 atas ganda campuran Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue. Lalu kemarin (25/7), Ellis/Smith juga memastikan kemenangan dua game langsung atas wakil Kanada, Joshua Hurlburt Yu/Josephine Wu dengan skor 21-13 dan 21-19.