Juara, Duo Stoeva jadi yang Terbaik di Eropa

Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva (Bulgaria) juara Kejuaraan Eropa 2021.
Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva (Bulgaria) juara Kejuaraan Eropa 2021.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Gelar juara ganda putri Kejuaraan Eropa 2021 akhirnya menjadi milik pasangan Bulgaria, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva. Kakak beradik Stoeva ini sukses mengalungkan medali emas usai mengalahkan pasangan Inggris, Chloe Birch/Lauren Smith dalam permainan dua game langsung 21-14 dan 21-19 pada pertandingan final yang berlangsung di Palace of Sports, Kiev, Ukranina, Minggu (2/5).

Hasil manis ini sekaligus menjadi gelar Juara Eropa kedua bagi duo Stoeva. Sebelumnya, mereka berhasil menjadi kampiun pada Kejuaraan Eropa 2018 di Huelva, Spanyol. Saat itu, Kakak beradik Stoeva tersebut menang mudah, 21-12 dan 21-10 atas ganda putri Prancis, Emilie Lefel/Anne Tran.

“Kedengarannya cukup bagus, ini adalah perasaan yang luar biasa. Kami senang akan kemenangan ini dan kami senang bisa berbagi momen ini dengan keluarga serta pelatih kami,” ungkap Gabriela Stoeva kepada Badminton Europe.

Sementara itu, hasil duel tersebut juga memperpanjang catatan kemenangan duo Stoeva atas Birch/Smith menjadi 3-0. Pada dua pertemuan sebelumnya di ajang SaarLorLux Open 2018 BWF Tour Super 100 dan Scottish Open 2018 BWF Tour Super 100, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva terbukti belum terkalahkan. Mereka bahkan selalu menang dalam permainan straight game.

Chloe Birch mengaku sangat kecewa karena belum berhasil mengalahkan duo Stoeva dan merebut gelar juara di Kejuaraan Eropa 2021 ini. “Tentu saja kami kecewa. Saya pikir kami benar-benar menemukan level kami menjelang akhir game kedua dan saya pikir siapa pun harus mengambil, dan mereka mengambilnya. Mereka berani di poin-poin besar dan kami tidak cukup berhasil,” beber Birch.

Meski begitu, Birch juga merasa puas dengan penampilannya sepanjang Kejuaraan Eropa 2021 ini. Menurut dia, performanya bersama Smith sudah memperlihatkan progres yang positif walaupun belum sesuai dengan yang diharapkan.

“Tapi kami harus bangga sepanjang pekan ini. Kami telah melakukan beberapa hal hebat. Kami telah mengalahkan pasangan yang tidak pernah kami kalahkan sebelumnya (Cheryl Seinen/Selena Piek-Belanda) dan itu benar-benar penghargaan bagi kami,” katanya.