Japan Open 2022 - Tuan Rumah Tempatkan Tiga Wakil, Korea Pastikan Satu Gelar Juara

An Seyoung (Djarum Badminton)
An Seyoung (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Para pebulu tangkis Korea Selatan mendominasi final Japan Open 2022 yang digelar di Osaka, Jepang, Minggu (4/9) pagi waktu setempat. Korea Selatan menempatkan tiga wakil di partai puncak, yakni pada nomor tunggal putri serta dipastikan menjadi kampiun pada sektor ganda putri setelah tercipta final sesama pasangan asal negeri ginseng tersebut. Tuan rumah meloloskan satu wakil pada tunggal putra, tunggal putri, dan ganda campuran. Sementara China, Denmark, Taiwan, dan Thailand, masing-masing memiliki satu wakil di final.

Gelar juara pada sektor ganda putri dipastikan menjadi milik Korea Selatan, dengan bertemunya Baek Ha Na/Lee Yu Lim dan Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong.

Partai final ganda campuran mempertemukan unggulan kedua dan ketiga antara Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dan pasangan tuan rumah Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Jelang partai puncak, Watanabe/Higashino unggul dengan lima kemenangan dalam delapan kali pertemuan dengan pasangan asal Thailand tersebut.

Ganda putra Liang Wei Keng/Wang Chang menjadi satu-satunya wakil China di final turnamen berlevel BWF World Tour Super 750 ini, setelah pada semifinal menang atas pasangan Korea Selatan Choi Sol Gyu/Kim Won Ho dengan skor identik 21-16, 21-16.

Liang/Wang bertemu unggulan ketujuh dari Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, yang pada babak empat besar menang atas pasangan Korea Selatan, Kim Gi Jung/Kim Sa Rang, dengan skor 21-13, 18-21, 21-11.

Tuan rumah Jepang menempatkan dua wakilnya di final, yakni Kenta Nishimoto pada sektor tunggal putra dan tunggal putri Akane Yamaguchi. Nishimoto akan menantang unggulan keempat dari Taiwan Chou Tien Chen, sementara unggulan teratas Yamaguchi bertemu unggulan ketiga dari Korea Selatan An Seyoung.

Berikut susunan pertandingan final Japan Open 2022 yang berlangsung di Maruzen Intec Arena Osaka, Jepang, pada Minggu (4/9), dimulai pukul 10:00 waktu setempat:

Ganda Putri
Baek Ha Na/Lee Yu Lim (Korea Selatan) vs. Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea Selatan)

Ganda Campuran
Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang/3) vs. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand/2)

Ganda Putra
Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark/7) vs. Liang Wei Keng/Wang Chang (China)

Tunggal Putra
Chou Tien Chen (Taiwan/4) vs. Kenta Nishimoto (Jepang)

Tunggal Putri
Akane Yamaguchi (Jepang/1) vs. An Seyoung (Korea Selatan/3)