Indonesia Masters 2023 - Tuan Rumah Berpeluang Raih Dua Gelar Juara

Leo Rolly Carnando & Daniel Marthin (Djarum Badminton)
Leo Rolly Carnando & Daniel Marthin (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin melaju final Indonesia Masters 2023 seusai mengalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, melalui drama tiga gim menang rubber game 18-21, 21-17, 21-3. Kemenangan Leo/Daniel pada semifinal yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (28/1), tersebut, membuat tuan rumah meloloskan tiga wakil ke partai puncak. Selain Leo/Daniel, sektor tunggal putra meloloskan Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Pada laga ajang berhadiah total 420 ribu dolar AS ini, Leo/Daniel, juara Singapore Open 2022, mengaku mendapatkan perlawanan sengit dari pasangan berperingkat empat dunia itu. Maklum, pada  gim pertama, peraih medali emas SEA Games 2021 tersebut takluk dengan skor 18-21 dari Hoki/Kobayashi.

Pada gim kedua, permainan runner-up Hylo Open 2021 itu mulai membaik. Mereka pun bisa memaksakan rubber game seusai unggul di pertengahan babak dengan skor 11-9. Selepas jeda, permainan Leo/Daniel semakin di atas angin untuk menutup pertandingan dengan skor 21-17.

Kepercayaan diri Leo/Daniel meningkat dan dapat unggul jauh meninggalkan Juara Dunia 2021 itu dengan skor 11-2 pada interval gim penutup. Pascajeda, permainan juara Indonesia Masters 2021 itu semakin menurun sehingga membuat Leo/Daniel mampu melaju jauh untuk meraih kemenangan dengan skor 21-3 dan berhak maju ke final.

"Pertama-tama kami bersyukur diberi kelancaran bisa melaju sampai partai final. Kami menghadapi laga yang tidak mudah, pada gim pertama kami kalah," ujar Daniel, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Pada gim kedua, lawan terlihat banyak melakukan kesalahan sendiri sehingga membuat permainan mereka tidak begitu percaya diri. Sama seperti gim kedua, pada gim ketiga mereka banyak melakukan kesalahan sendiri," Daniel, menambahkan.

Dengan hasil ini, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin melangkah ke partai puncak turnamen BWF World Tour Super 500 itu, dan berhadapan dengan wakil China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong.