India Open 2023 - Mampukah Jojo Menghentikan Laju Axelsen?

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Jonatan Christie akan kembali bertemu Viktor Axelsen. Terakhir kali mereka berjumpa di babak empat besar Malaysia Open 2022 pada awal Juli lalu. Pebulu tangkis jangkung asal Denmark itu telah mengantongi enam kemenangan dalam delapan kali pertemuan dengan Jonatan. Kini, pada pertemuan kesembilan, Jonatan, pemain berperingkat empat dunia, akan menantang Axelsen yang masih berstatus pemain nomor satu dunia, dalam perebutan tiket ke final turnamen India Open 2023.

"Di semifinal akhirnya saya bisa juga bertemu Viktor. Rasanya akan banyak pelajaran yang bisa saya petik dengan bertemu Viktor," kata Jojo --sapaan akrab Jonatan---, dalam keterangan pers Humas PP PBSI, Jumat (20/1) malam WIB.

"Saya pasti akan berjuang untuk menampilkan performa yang terbaik. Saya berharap permainan saya bisa berjalan sesuai rencana saya. Saya siap tampil yang terbaik," Jojo, menambahkan.

Bertanding di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, Jumat (20/1) malam waktu setempat, Jojo sukses mengemas kemenangan dramatis atas Chou Tien Chen asal Taiwan pada perempat final. Chou, yang telah mengantongi dua match point pada gim ketiga, akhirnya harus mengakui keunggulan Jojo. Tunggal putra Indonesia itu merebut tiket ke babak empat besar seusai memenangi laga rubber game berdurasi 72 menit dengan skor 21-15, 13-21, 22-20.

Sementara, Axelsen memenangi laga perempat final dalam tempo 17 menit, setelah lawannya sesama pemain Denmark, Ramsus Gemke, mundur saat tertinggal 8-16.

Wakil "Merah Putih" lainnya pada sektor tunggal putra di semifinal turnamen BWF World Tour Super 750 ini, Anthony Sinisuka Ginting, akan bertemu Kunlavut Vitidsarn dari Thailand. Dalam catatan pertemuan kedua pemain, Anthony, unggulan keenam, dan Kunlavut (8), masing-masing telah mengantongi dua kemenangan dalam empat pertandingan.

Pada nomor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi satu-satunya wakil Indonesia setelah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tersisih di babak delapan besar. Juara Malaysia Open 2023 itu akan bertemu Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia. Masing-masing pasangan telah mengemas tiga kemenangan dalam rekor pertemuan mereka.

"Melawan Soh/Aaron di semifinal, kami harus mewaspadai mereka. Seperti pasangan Malaysia lainnya, lawan memiliki pertahanan kuat dan sulit ditembus. Juga kualitas servis dan pembukaannya bagus. Kami akan diskusi dengan pelatih," jelas Rian.

Berikut jadwal pertandingan para wakil Indonesia di semifinal India Open 2023, Sabtu (21/1):

Kunlavut Vitidsarn (Thailand/8) vs. Anthony Sinisuka Ginting (6)
Viktor Axelsen (Denmark/1) vs. Jonatan Christie (4)
Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia/3) vs. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (2)