Hylo Open 2022 - Dua Semifinal Beruntun bagi Rehan/Lisa

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Humas PP PBSI)
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sepekan lalu, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati berhasil lolos ke babak empat besar French Open 2022, yang juga tercatat sebagai pencapaian semifinal turnamen di atas level Super 500 yang pertama bagi ganda campuran Indonesia itu. Sabtu (5/11), Rehan/Lisa kembali menembus semifinal, kali ini di turnamen Hylo Open 2022 di Saarlandhalle Saarbrücken, Jerman, dan akan bertemu Thom Gicquel/Delphine Delrue asal Prancis, lawan yang mereka kalahkan pada perempat final French Open 2022.

Rehan/Lisa memastikan satu tempat di semifinal Hylo Open 2022 setelah menang atas pasangan Denmark Mathias Christiansen/Alexandra Bøje di perempat final dengan skor 21-12, 21-18. Rehan/Lisa memerlukan waktu 26 menit untuk mengatasi perlawanan unggulan kelima tersebut. "Puji syukur Alhamdulillah, saya dan Lisa bisa masuk semifinal lagi setelah minggu lalu juga lolos ke semifinal juga di Prancis Open," tanggap Rehan, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Sabtu (5/11) dini hari WIB.

"Alhamdulillah, permainan saya bisa keluar semua. Bisa mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Lisa pun begitu, bermain bagus," Rehan, menambahkan.

Secara umum Rehan menjelaskan, bermain menyerang menjadi taktik yang diterapkan sejak awal gim pembuka. Dengan harapan, lanjutnya, agar Christiansen/Bøje kesulitan mengembangkan permainan. "Soalnya kalau permainan mereka berkembang, bisa tidak mati-mati mainnya," katanya.

Pada semifinal, Rehan mengaku memiliki modal yang cukup baik untuk menghadapi Gicquel/Delrue. Satu di antaranya adalah bekal dari laga di French Open 2022 sepekan silam, yang berakhir dengan kemenangan bagi Rehan/Lisa. "Kami mau main nothing to lose. Selain itu akan bermain all out. Juga strateginya, dari awal langsung menekan mereka biar tidak berkembang," ujar Rehan.

Namun, keberhasilan Rehan/Lisa gagal diikuti oleh Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Ganda campuran "Merah Putih" yang menempati unggulan ketujuh itu kalah dari wakil Denmark Mathias Thyrri/Amalie Magelund 21-19, 13-21, 21-17 dalam tempo 57 menit.

Begitu pun tunggal putra Jonatan Christie alias Jojo yang harus mengakui keunggulan Kidambi Srikanth. Jojo kalah straight games 13-21, 19-21 dari wakil India tersebut. "Sejatinya hari ini saya bisa mengimbangi lawan. Hanya karena shuttlecock berkarakter kencang, jadi sedikit menguntungkan lawan karena dia mencoba mengadu di depan net," katanya.

"Saya sebenarnya punya strategi yang sama, sayang dia terlihat lebih dahulu menerapkan strategi tersebut dan saya sering tertinggal. Saat akhir-akhir gim kedua saya sebenarnya mulai berhasil menerapkan strategi itu, tapi tidak bisa juga mengembalikan keadaan," Jojo menambahkan.

"Saya mengakui lawan lebih unggul di depan dan saya rasa itu faktor utama kemenangannya," tutur Jojo.

Dengan tersisihnya Rinov/Pitha dan Jojo di babak delapan besar, Indonesia kini memiliki tiga wakil yang akan berjuang merebut tiket final turnamen level BWF World Tour Super 300 ini. Anthony Sinisuka Ginting pada sektor tunggal putra, Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), dan Rehan/Lisa (ganda campuran). Berikut susunan pertandingan para wakil "Merah Putih" di babak empat besar Hylo Open 2022, Sabtu (5/11):

Lapangan 1
Anthony Sinisuka Ginting (5)
vs. Kidambi Srikanth (India)

Lapangan 2
Han Yue (China) vs. Gregoria Mariska Tunjung
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
vs. Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis/2)