BWF World Tour Finals 2021 - "Minions" Versus Hoki/Kobayashi di Final

Marcus Fernaldi Gideon & Kevin Sanjaya Sukamuljo (Badminton Photo/Raphael Sachetat)
Marcus Fernaldi Gideon & Kevin Sanjaya Sukamuljo (Badminton Photo/Raphael Sachetat)
Internasional ‐ Created by EL

Nusa Dua | Ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, berhadapan dengan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, di partai final BWF World Tour Finals 2021, Minggu (5/12). Tiket final diraih pasangan berjuluk "Minions" itu, setelah di babak empat besar mengalahkan peraih keping emas Olimpiade Tokyo 2020 asal Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Bertanding di Nusa Dua, Bali, Sabtu (4/12), Kevin/Marcus menang dengan skor 18-21, 23-21, 21-17 atas Lee/Wang lewat pertarungan yang berlangsung selama 1 jam 1 menit.

Setelah pertandingan, Marcus memberikan apresiasi kepada lawan yang dianggapnya tampil lebih berbeda. Beberapa kali serangan yang dibangun Lee/Wang sempat menyulitkan Kevin/Marcus. "Mereka bermain dengan tenaga yang cukup banyak, saat bermain terlihat tenaganya kencang banget," tuturnya, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Kami sudah mencoba melakukan yang terbaik pada laga ini," Marcus, menambahkan.

Sama halnya dengan Marcus, Kevin juga mengakui, Lee/Wang bertanding lebih baik ketimbang saat berlaga pada penyisihan grup. Bahkan, lanjutnya, kemampuan ganda putra berperingkat ketiga dunia itu sangat luar biasa. Keduanya mengambil inisiatif penyerangan sejak laga dimulai, untuk mencoba peruntungan meraih kemenangan pada pertandingan ini.

Pada babak penyisihan Grup A, Lee/Wang juga menyulitkan "Minions" sehingga hanya mampu menang tipis dengan skor 23-21, 21-19 dalam waktu 44 menit. "Saya juga merasa bahwa mereka lebih baik dari pertemuan sebelumnya. Kami hanya ingin bermain mengeluarkan permainan yang terbaik pada setiap pertandingannya," kata Kevin.

Pada pertandingan ini, laga sempat memanas pada gim ketiga saat kedudukan 15-13. Lee/Wang melancarkan protes kepada wasit, karena menganggap kok menyentuh badan Marcus terlebih dulu sebelum keluar lapangan.

Namun, wasit tak mengubris dan tetap memberikan poin untuk "Minions".

Marcus pun akhirnya buka suara terkait hal itu dengan menyatakan tetap menghormati keputusan wasit, apapun yang terjadi. "Sebenarnya mengenai saya, saya sudah bilang kepada wasit kalau kok terkena saya. Tetapi, wasit tetap pada keputusannya. Masa' poin dibatalkan," ungkap Marcus.

Dengan kemenangan ini, Kevin/Marcus kembali berhadapan dengan Hoki/Kobayashi di final BWF World Tour Finals 2021. Pasangan Negeri Matahari Terbit itu kembali melaju ke partai puncak setelah mengalahkan ganda putra Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, dengan skor 21-18, 21-15.