BWF World Championship 2021 - Dejan/Serena Harus Manfaatkan Peluang dengan Tampil Maksimal

Serena Kani & Dejan Ferdinansyah (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Serena Kani & Dejan Ferdinansyah (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tampil di BWF World Championship 2021 Huelva, Spanyol, 12-19 Desember, menjadi kesempatan langka yang akhirnya didapatkan banyak para pemain non-unggulan lantaran absennya para pemain top dunia. Mereka pun memanfaatkan peluang emas trsebut dengan tampil habis-habisan di Huelva. Dua atlet Indonesia yang mendapatkan peluang itu adalah ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Serena Kani.

"Bagi pemain klub, bermain dalam Kejuaraan Dunia menjadi kesempatan berharga. Mereka harus memanfaatkan peluang ini dengan tampil maksimal," ujar Vita Marissa, pelatih yang mendampingi Dejan/Serena di Spanyol, mengutip laporan Kompas.id.

Dejan/Serena menjadi satu-satunya wakil "Merah Putih" setelah tim bulu tangkis Indonesia menarik diri dari kejuaraan tersebut. Keputusan ini diambil oleh Ketua Umum PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Agung Firman Sampurna demi menjaga keselamatan para atlet setelah mendapat masukan dari pengurus, pelatih, dan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi. Sebab utama, penyebaran varian baru Covid-19 Omicron yang tidak menentu.

Ganda campuran peringkat ke-97 dunia itu berhak tampil di Spanyol karena diundang oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Nama mereka masuk daftar undangan karena PBSI hanya mendaftarkan tiga ganda campuran pelatnas dari jatah empat pasangan sebelum lantas menarik diri.

Pada pertandingan perdana, Senin (13/12), Dejan/Serena lolos babak pertama BWF World Championship 2021 setelah menang atas pasangan asal Irlandia, Paul Reynolds/Rachael Darragh. Ganda campuran asal klub PB Djarum tersebut menang dua gim langsung 21-14, 21-16 lewat pertandingan berdurasi 37 menit.

Pada babak kedua yang digelar selang dua hari kemudian, Dejan/Serena bakal bertemu ganda campuran Jerman, Mark Lamsfuß/Isabel Lohau, yang menduduki unggulan ke-11. Pertandingan di babak 32 besar BWF World Championship 2021 yang sudah memasuk edisi ke-26 ini, akan menjadi pertemuan perdana antara Dejan/Serena dan Lamsfuß/Lohau.

Situs berita tersebut juga menyebutkan, "Dengan hanya berstatus sebagai ganda campuran peringkat kedelapan Indonesia, bertanding dalam Kejuaraan Dunia menjadi kesempatan besar dan langka bagi Dejan/Serena. Apalagi, mereka lebih sering berpeluang tampil di kejuaraan berlevel rendah, seperti international series/challenge dan BWF Super 100. Pada ajang BWF World Tour tahun ini, hasil terbaik Dejan/Serena adalah perempat final Spanyol Masters Super 300, yaitu pada Mei lalu."