BATC 2022 - Makin Optimistis Menyambut Laga Perdana

Bilqis Pratista (Humas PP PBSI)
Bilqis Pratista (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Selangor | Sejumlah pemain Indonesia merasa tegang dalam menyambut laga debut pada ajang Kejuaraan Asia Beregu atau Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022. Bilqis Pratista atau Saifi Rizka Nurhidayah merupakan dua di antara sejumlah atlet putri yang baru kali pertama terjun di kejuaraan beregu senior. Meski tegang, para srikandi "Merah Putih" ini optimistis untuk tampil maksimal dan menyumbangkan angka.

Saifi, dalam siaran pers Humas PP PBSI, Kamis (10/2), menyatakan sangat bangga lantaran bisa terpilih masuk tim Indonesia pada BATC 2022. Hal serupa juga dilontarkan Bilqis, rekannya pada nomor tunggal putri. "Pastinya senang dan bangga bisa terpilih masuk tim," kata Bilqis.

"Tetapi, juga ada tegangnya karena ini baru pertama kali ikut kejuaraan seperti ini," tambah Bilqis, yang kemudian diamini Saifi.

Dari 20 atlet putra dan putri yang dikirim berlaga ke BATC 2022 yang digelar di Selangor, Malaysia, pada 15-20 Februari, sebagian besar merupakan pemain yang baru pertama kali bertarung di kejuaraan beregu senior. Hanya beberapa yang pernah tampil di ajang beregu seperti Daniel Marthin, Leo Rolly Carnando, Gregoria Mariska Tunjung, dan Putri Kusuma Wardani, yakni pada Piala Thomas dan Uber 2020 di Denmark.

Pemain ganda putri seperti Febriana Dwipuji Kusuma pun merasa bangga bisa terpilih masuk tim. Dirinya pun mengaku siap seandainya terpilih untuk dimainkan. "Saya tentu ingin bermain semaksimal mungkin dan ingin menyumbang poin untuk tim. Apalagi, persiapannya sudah cukup bagus," sebut Ana --sapaan karib Febriana--.

Sementara, pemain ganda putri lainnya, Lanny Tria Mayasari, mengaku senang meski awalnya kaget dan tidak percaya dipercaya masuk tim. "Tentu ada perasaan senang juga  Berarti pelatih sudah memberi kepercayaan ke saya. Tinggal saya yang harus bisa membuktikan. Namun, ada perasaan takut juga, soalnya ini baru pertama kali ikut main di beregu kelompok senior," jelas Lanny.

Walau baru pertama kali tampil, para pemain sudah bertekad ntuk tampil habis-habisan. "Harapannya ingin bisa tampil maksimal dan berani saja. Kalau diturunkan, saya berharap bisa menyumbang poin untuk tim," tegas Amalia Cahaya Pratiwi, mewakili rekan-rekannya.