BAMTC 2023 - Rotasi Pemain Membuahkan Hasil Sempurna

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by

Dubai | Skuad Indonesia yang turun dengan susunan pemain berbeda menuai hasil positif dalam Kejuaraan Bulutangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023. Setelah mengalahkan Lebanon, Indonesia kemudian mengalahkan Suriah juga dengan skor 5-0. Dalam pertandingan kedua fase Grup C yang mentas di Dubai Exhibition Centre, Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (14/2), dominasi Chico Aura Dwi Wardoyo dan kawan-kawan tetap belum tergoyahkan. Tim "Merah Putih" terlalu kuat bagi pemain Suriah.

Dengan merotasi susunan pemain di dua laga awal, tim bulu tangkis Inodonesia meraih hasil sempurna. Pemain yang turun tanding melawan Lebanon pada Selasa pagi, diistirahatkan. Sementara pemain yang belum bertanding, kemudian diberi kepercayaan untuk tampil saat menghadapi Suriah di petang hari. "Kita merotasi susunan tim saat melawan Suriah agar semua pemain bisa bertanding. Ini biar semua merasakan atmosfer pertandingan," tutur Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

Meski merotasi pemain, hasilnya tetap positif. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari membuka kran kemenangan bagi Indonesia setelah mengalahkan Amjad Al Fassih/Sanaa Mahmoud, 21-2, 21-4. "Karena masih menyesuaikan dengan kondisi lapangan, rasanya saya perlu beradaptasi lagi. Meski begitu, penampilan hari ini bisa semoga jadi modal kalau saya diturunkan lagi di partai berikutnya," ungkap Rinov.

Pada partai kedua, pemain tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung sukses menekuk Ranim Alhasbani, 21-6, 21-11. "Senang bisa bermain, kendati kondisi saya masih belum normal, masih berasa flu. Kebugaran tubuh saya belum optimal. Tetapi, niatnya saya memang ingin turun bermain. Saya ingin coba tampil biar makin bugar dan tidak ingin cuma diam saja di kamar hotel," ujar Gregoria.

Kemudian pada partai ketiga, pemain tunggal putra Chico membawa Indonesia unggul 3-0 atas Suriah setelah mengatasi perlawanan Aljallad Ahmad, 21-7, 21-15. "Kunci kemenangan saya, tadi bisa lebih mengontrol permainan. Saya harus bermain lebih cepat saja. Lawan sebenarnya memiliki power kencang. Cuma, taktik permainannya masih polos dan itu mudah saya baca atau antisipasi," tutur Chico.

Ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto juga tidak mau kalah menyumbangkan angka. Lanny/Ribka menang 21-2, 21-5 atas Ranim Alhasbani/Sanaa Mahmoud yang membawa tim Indonesia menang 4-0. "Lawan, bukannya kami sombong, memang kualitasnya masih di bawah. Jadi kami hanya untuk menyesuaikan dengan lapangan. Pertandingan tadi untuk mengenakan feeling bermain," kata Ribka.

Pada partai kelima, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan menyempurnakan kemenangan 5-0 atas Suriah. Pasangan ini berhasil menyingkirkan Aljallad Ahmad/Amjad Al Fassih dengan 21-7, 21-14. "Saya bisa menikmati permainan. Untuk lawan seperti instruksi pelatih, jangan terlalu memberikan perbedaan poin yang sangat jauh. Karena mereka biar tetap semangat, mengingat lawan pasti juga sudah mempersiapkan diri dengan baik," demikian Yeremia.

Berikut hasil pertandingan Grup C antara Indonesia dan Suriah:

  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs. Amjad Al Fassih/Sanaa Mahmoud, 21-2, 21-4.
  • Gregoria Mariska Tunjung vs. Ranim Alhasbani, 21-6, 21-11.
  • Chico Aura Dwi Wardoyo vs. Aljallad Ahmad, 21-7, 21-15
  • Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto vs.
  • Ranim Alhasbani/Sanaa Mahmoud, 21-2, 21-5.
  • Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan vs. Aljallad Ahmad/Amjad Al Fassih, 21-7, 21-14.