(Badminton Asia Mixed Team Championships) Susy: Target Semifinal

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) bersiap menghadang serangan.
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) bersiap menghadang serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim beregu campuran Indonesia mematok target semifinal di ajang Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 yang berlangsung pada 19 hingga 24 Maret mendatang, di Queen Elizabeth Stadium, Hongkong. Bertajuk Tong Yun Kai Cup, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto cs tergabung dalam Grup C bersama Thailand dan Sri Lanka di fase penyisihan.

Manajer tim beregu campuran Indonesia, Susy Susanti optimistis bila Fajar/Rian dkk bisa lolos dari babak penyisihan grup dan memenuhi targetnya, yakni ke semifinal Badminton Asia Mixed Team Championships 2019. “Untuk fase grup kita yakin bisa lolos. Target sendiri ingin ke semifinal dulu, mudah-mudahan bisa lebih,” kata Susy.

Laga perdana bagi skuat Merah Putih melawan Sri Lanka akan berlangsung besok (19/3). Sedangkan pertandingan kedua di fase penyisihan grup melawan Thailand, akan dilangsungkan pada Kamis (21/3).

“Pertama nanti akan ketemu Sri Lanka lalu Thailand. Kita mau kejar itu dulu. Memang tim yang dibawa bukan tim inti, karena tujuan kita di turnamen ini adalah mencari poin buat para atlet. Sama juga dengan negara lain yang tidak membawa tim inti. Di tengah padatnya jadwal pertandingan, kita harus bisa memilah dan memilih turnamen yang sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Lebih lanjut Susy mengatakan, meski hampir setiap negara tidak menurunkan skuat intinya, namun peta persaingan dan kekuatan tetap merata. “Soal peluang dilihat dari kekuatan lawan bisa dibilang merata. Mungkin baru kan lebih ramai setelah masuk ke perempat final,” tandasnya.

Sekedar informasi, perhelatan Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 ini menggunakan sistem Piala Sudirman yang memainkan lima sektor, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Dari fase penyisihan grup akan meloloskan dua wakil negara yang kemudian akan diundi pada babak perempat final nanti.

 

Berikut pembagian grup Badminton Asia Mixed Team Championships 2019:

  • Grup A: Jepang, Hongkong
  • Grup B: Taiwan, India, Singapura
  • Grup C: Indonesia, Thailand, Sri Lanka
  • Grup D: Tiongkok, Malaysia, Makau