(Badminton Asia Championships) The Minions Finis di Urutan Kedua

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (paling kiri) berfoto di atas podium.
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (paling kiri) berfoto di atas podium. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Gelar juara ternyata masih belum berhasil jatuh ke pelukan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Melakoni partai final yang berlangsung di Wuhan Sport Center, Tiongkok, Minggu (28/4), pasangan ganda putra nomor satu dunia ini harus puas finis di urutan kedua, alias runner up Badminton Asia Championships 2019 setelah tumbang 18-21 dan 3-21 atas wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dalam kurun waktu 35 menit.

Penampilan The Minions di laga puncak ini bisa dibilang jauh dari permainan terbaik mereka, khususnya pada game kedua. Sejak awal pertandingan dimulai, Kevin/Marcus kerap tertinggal dalam perolehan poin atas Endo/Watanabe. Memasuki game kedua, performa Kevin/Marcus merosot total. Pasangan unggulan pertama ini tidak dapat mengembangkan permainannya dan tertinggal sangat jauh.

Marcus Fernaldi Gideon mengatakan bila dirinya cukup kesulitan membongkar pertahanan Endo/Watanabe. Ia juga mengakui jika kondisinya tidak prima seratus persen.

“Di game kedua tenaga saya agak habis dan lawannya tidak mudah dimatikan. Hari ini bolanya lebih berat dari kemarin. Mungkin jadinya seperti kurang percaya diri karena tenaganya sudah terkuras banyak dari kemarin,” jelas Marcus soal permainan.

Sementara itu, Kevin Sanjaya Sukamuljo juga mengakui jika pasangan ganda putra peringkat sembilan dunia itu tampil lebih siap daripada dirinya.

“Pasangan Jepang kurang lebih sama pola mainnya, Endo/Watanabe dan Takeshi) Kamura/Keigo Sonoda mirip-mirip juga permainannya. Tapi hari ini Endo/Watanabe lebih siap dari kita. Mereka lebih nggak gampang mati. Kita harus bisa bermain lebih sabar kalau menghadapi mereka,” ungkap Kevin.

Hasil ini sekaligus menjadi kekalahan perdana bagi The Minions atas Endo/Watanabe dari tiga kali pertemuan. Pada dua pertemuan sebelumnya di ajang Hong Kong Open 2018 BWF World Tour Super 500 dan French Open 2018 BWF World Tour Super 750, Kevin/Marcus menang straight game dengan skor 21-14, 21-15 dan 21-14, 22-20.