Indonesia Open 2022 - Pram/Yere Singkirkan Juara Olimpiade

Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan & Pramudya Kusumawardana (Djarum Badminton)
Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan & Pramudya Kusumawardana (Djarum Badminton)
Indonesia Open ‐ Created by EL

Jakarya | Ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan tampil memukau. Wakil tuan rumah ini sukses menaklukkan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Lee Yang/Wang Chi-Lin, untuk meraih tiket babak perempat final Indonesia Open 2022. Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (17/6), Pram/Yere menang tiga gim atas wakil Taiwan itu dengan skor 21-16, 17-21, 21-14 dalam tempo 55 menit.

Pada laga ini, peraih medali perak SEA Games 2021 itu bermain menekan sejak awal laga. Tak Tidak heran unggulan keempat itu kewalahan saat meladeni Pram/Yere.

Selepas laga, Pram/Yere mengaku bermain lebih lepas dari laga sebelumnya. Maklum pada pertemuan sebelumnya, ganda putra peringkat 16 dunia itu mengalami kekalahan. "Laga berjalan ketat dan seru, kami menang karena banyak menekan dan sayang momentum itu terputus di gim kedua," kata Pramudya, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

"Beruntung di gim ketiga kami menemukan bentuk permainan terbaik untuk terus mempertahankan tren positif dengan meraih kemenangan," Pramudya, menambahkan.

Dengan kemenangan ini, Pram/Yere mengaku kepercayaan dirinya tengah meningkat. Kemenangan yang bernilai mahal mengingat keduanya mengalahkan peraih medali emas Olimpiade.

Pada pertemuan sebelumnya, Pram/Yere kalah dengan skor 16-21, 20-22 di babak pertama Orléans Masters 2019. Tidak heran kemenangan ini terasa spesial mengingat saat ini sang lawan berstatus sebagai peraih emas Olimpiade. "Senang bisa memenangkan pertandingan hari ini karena pada pertemuan sebelumnya di 2019 kami kalah straight game. Sekarang kami menang rubber game berarti secara permainan kami ada kemajuan," tambah Yeremia.

Dengan kemenangan ini, di perempat final, juara Spain Masters 2021 itu akan menghadapi peraih medali perunggu Tokyo 2020 asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Pasangan peringkat tujuh dunia itu meraih tiket babak delapan besar seusai mengalahkan wakil Belanda, Ruben Jille/Ties Van Der Lecq, dengan skor 17-21, 21-16, 21-6.

Berdasarkan rekor pertemuan, Pram/Yere pernah sekali menang pada ajang Badminton Asia Championships 2022 atas Aaron/Soh dengan skor 23-21, 21-10.

Menghadapi pertemuan kedua mereka, Pram/Yere bertekad meraih kemenangan mengingat sudah mengetahui kelemahan lawan.

"Dari strategi kami ingin bermain menekan terlebih dahulu. Berkaca saat bertemu di turnamen sebelumnya, mereka banyak melakukan kesalahan sendiri saat kami tekan, untuk itu kami akan menekan mereka terlebih dahulu," demikian Yeremia.