Indonesia Open 2022 - Langkah Apriyani/Fadia Terhenti

Siti Fadia Silva Ramadhanti (Djarum Badminton)
Siti Fadia Silva Ramadhanti (Djarum Badminton)
Indonesia Open ‐ Created by EL

Jakarta | Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti gagal meraih tiket semifinal Indonesia Open 2022 setelah dikalahkan oleh unggulan kedua dari Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan, dalam pertandingan yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senaya, Jakarta, Jumat (17/6). Ganda putri tuan rumah itu harus mengakui keunggulan Lee/Shin 14-21, 19-21 setelah melalui pertarungan perempat final berdurasi 52 menit.

Bagi Lee/Shin, kemenangan ini menuntaskan revans kekalahan mereka dari Apriyani/Fadia pada babak perempat final Indonesia Masters 2022 pekan lalu sekaligus membuat rekor pertemuan kedua pasangan imbang 1-1.

Lee/Shin juga sebelumnya telah menyingkirkan dua ganda putri Indonesia di babak sebelumnya Indonesia Open 2022, yakni Febby Valencia/Ribka Sugiarto dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Berdasarkan laporan Antara, Apriyani/Fadia mengawali interval gim pertama dalam keadaan tertinggal. Pasangan anyar "Merah Putih" ini kerap kesulitan menghalau pukulan bola dari Lee/Shin terutama setelah melalui reli panjang.

Runner-up Indonesia Masters 2022 ini harus merelakan gim pertama kepada pasangan Korea Selatan 14-21 setelah pengembalian bola dari Fadia terlalu melebar dari bidang permainan lawan.

Setelah berpindah sisi lapangan, Apriyani/Fadia langsung meraih lima poin beruntun berkat kesalahan sendiri yang dilakukan Lee/Shin. Meski sempat kepayahan mengejar bola dari lawan, Apriyani/Fadia tetap mempertahankan keunggulan saat masa interval.

Namun selepas itu, Apriyani/Fadia banyak melakukan kesalahan sendiri. Lee/Shin yang sebelumnya tertinggal lima angka pun berhasil menyamakan kedudukan menjadi 17-17. Apriyani/Fadia kembali harus merelakan gim kedua ini kepada Lee/Shin dan gagal melangkah ke babak empat besar turnamen level BWF World Tour Super 1000 tersebut.