Indonesia Open 2022 - Axelsen Kembali Hentikan Ginting

Anthony Sinisuka Ginting (Djarum Badminton)
Anthony Sinisuka Ginting (Djarum Badminton)
Indonesia Open ‐ Created by EL

Jakarta | Anthony Sinisuka Ginting menjadi pebulu tangkis Indonesia ketiga dari empat wakil Indonesia yang tersingkir saat berlaga di babak perempat final Indonesia Open 2022. Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jajarta, Jumat (17/6) malam, Anthony gagal melaju seusai kalah dari Viktor Axelsen asal Denmark lewat rubber game dengan skor 13-21, 21-19, 9-21.

Pada laga ini, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 tersebut menampilkan permainan terbaiknya. Segenap daya dan upaya dilakukan untuk mencari kelemahan lawan. Namun, usaha pemain kelahiran Cimahi, Jawa Barat, itu, gagal berbuah kemenangan. Axelsen tampil dominan sepanjang laga dan tampil demikian konsisten.

Unggulan kelima di Indonesia Open 2022 itu sampai jatuh bangun menahan gempuran Axelsen, sebelum akhirnya harus mengakui keunggulan wakil Denmark itu dalam tempo 1 jam 7 menit. "Pertandingan hari ini berlangsung ketat di gim pertama dan kedua. Saya sudah berusaha menekan lawan sepanjang laga, sayang saya masih belum bisa mengimbangi permainan lawan di pertandingan kali ini," kata pemain kelahiran 11 Mei 1996 itu, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

Kegagalan Anthony di babak delapan besar ini diapresiasi oleh pelatih tunggal putra Indonesia Irwansyah. Menurut mantan pelatih tim bulu tangkis Irlandia Utara itu, permainan Anthony secara keseluruhan sudah sangat baik dengan melaju hingga babak delapan besar turnamen BWF level super 1000 itu. "Menurut pandangan saya, Ginting sudah bermain maksimal, hanya di gim terakhir terpancing permainan Viktor Axelsen," ungkap Irwansyah.

"Sayang, angin di laga ini kurang bersahabat. Jadi saat menyerang, jatuhnya bola agak melebar. Secara keseluruhan permainan Ginting sudah bagus dan saya sebagai pelatih bangga dengan permainan dia seperti itu," Irwansyah, menambahkan.

Irwansyah sendiri perlu memutar otak lebih keras untuk bisa mengembalikan kepercayaan diri Anthony, mengingat dalam lima laga terakhir selalu kalah dari pemain rangking satu dunia itu. "Berbicara strategi, kami sudah mengerahkan semuanya. Hanya saja, Axelsen sedang dalam performa terbaik. Berbicara strategi sudah dibicarakan semuanya tapi faktor lain seperti angin dan lapangan turut menentukan," jelasnya.

Kekalahan Anthony di laga ini membuat pemain bertinggi badan 171 cm itu gagal melakukan balas dendam melawan Axelsen saat kalah di babak semifinal Indonesia Masters 2022. Pada pertemuan terakhir, Anthony menyerah di babak empat besar dari Axelsen dengan skor identik 15-21, 15-21.

Dengan kemenangan ini, Axelsen berhak melaju ke babak semifinal East Ventures Indonesia Open 2022.

Di babak empat besar, peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu akan menghadapi Lee Zii Jia. Pebulu tangkis Malaysia itu mengalahkan wakil Singapura, Loh Kean Yew, dengan skor 21-18, 16-21, 22-20 dalam tempo 1 jam 5 menit.