Sirnas A Jawa Barat Dimulai

Suasana hari pertama Sirkuit Nasional A Jawa Barat 2023 (Humas PP PBSI)
Suasana hari pertama Sirkuit Nasional A Jawa Barat 2023 (Humas PP PBSI)
Sirkuit Nasional ‐ Created by EL

Bandung | Rangkaian turnamen bulu tangkis berskala nasional, Sirkuit Nasional (Sirnas) 2023, resmi bergulir. Kota Bandung di Jawa Barat dipercaya menjadi seri pertama lewat Sirnas kategori A yang mempertandingkan kelompok pemula (U15), remaja (U17), dan taruna (U19). Ajang ini berlangsung pada 6-11 Februari di tiga tempat sekaligus, yakni GOR KONI sebagai arena utama serta GOR Pajajaran dan GOR Tri Lomba Juang sebagai arena pendukung.

Ketua Panitia Pelaksana Herman Subarjah menjelaskan, turnamen Sirnas A Jawa Barat diikuti 1131 atlet dari 219 klub, pelatihan provinsi (pelatprov), dan pusat pendidikan dan pelatihan (pusdiklat), seluruh Indonesia. "Kejuaraan Sirkuit Nasional A Jawa Barat 2023 diikuti 1131 atlet dari 219 klub, pelatprov, dan pusdiklat di seluruh Indonesia," ucap Herman dalam laporannya pada upacara pembukaan, Senin (6/2), pagi di GOR KONI Bandung.

"Jumlah hadiah yang disediakan untuk para pemenang dari kejuaraan ini total sebesar Rp396 juta. Adapun tujuan kejuaraan ini adalah sebagai tolok ukur pembinaan bulu tangkis nasional sekaligus ajang para atlet-atlet menjaring poin nasional. Selain itu, juga sebagai pematangan atlet-atlet muda potensial," ungkap Herman.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KONI Jawa Barat Muhammad Budiana menyampaikan betapa pentingnya gelaran Sirnas di Jawa Barat untuk meneruskan prestasi atlet-atlet senior. "Kami dari KONI Jawa Barat mengucapkan selamat dan sukses kepada Pengurus Provinsi PBSI Jawa Barat atas terlaksananya Sirkuit Nasional A tahun 2023 di Bandung," ujar Budiana, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Harapan kami tentunya dari sisi pembinaan olahraga, muncullah atlet-atlet berprestasi, penerus-penerus senior yang berasal dari Jawa Barat. Turnamen ini juga dapat membantu kami menetapkan tolok ukur dan kemampuan atlet-atlet bulu tangkis Jawa Barat karena tahun depan atlet-atlet Jawa Barat akan bersaing dengan provinsi lain dalam Pekan Olahraga Nasional ke-21 di Aceh dan Sumatera Utara," Budiana, menjelaskan.

Sementara, Wakil Ketua Umum III PBSI Jawa Barat, Bariza Sulfi berpesan untuk senantiasa menjunjung tinggi semangat dan disiplin dalam pertandingan. "Pesan saya, ini momen baik jadi jaga fokus dan disiplin. Tujuan kita adalah memajukan bulu tangkis untuk Indonesia. Para atlet, bermainlah dengan maksimal, wasit dan hakim garis agar objektif. Semua harus berupaya yang terbaik untuk bulu tangkis Indonesia kembali berkibar di dunia," tutup Bariza, sekaligus membuka Sirnas A Jawa Barat 2023 secara simbolis dengan memukul kok.

Guna mempromosikan dan memopulerkan Sirnas 2023, PP PBSI bekerjasama dengan detikcom sebagai official media and broadcasting partner di semua serinya. CNN Indonesia TV akan menayangkan secara langsung laga semifinal pada Jumat (10/2) dan final pada Sabtu (11/2).