Superliga Junior 2017 Siap Digelar di Magelang

Suasana Press Conference Blibli.com Superliga Junior 2017.
Suasana Press Conference Blibli.com Superliga Junior 2017.
Nasional ‐ Created by RR

Turnamen bulutangkis Blibli.com Superliga Junior 2017 siap digelar di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, pada 5 hingga 10 Desember mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kompetisi ini akan menggunakan format beregu putra dan beregu putri seperti halnya Piala Thomas dan Piala Uber.

Pada kategori U-19 akan memperebutkan piala bergilir yaitu Piala Liem Swie King untuk beregu putra dan Piala Susy Susanti untuk beregu putri. Sedangkan pada kategori U-17, peserta akan memperebutkan piala Superliga Junior.

Pemilihan nama Piala Liem Swie King dan Piala Susy Susanti tak lepas dari kiprah dan peran mereka yang sangat berjasa mengharumkan nama Indonesia di pentas bulutangkis dunia. Di masa jayanya, Liem Swie King dan Susy Susanti kerap menjadi pahlawan dalam kompetisi beregu dunia.

Lebih lanjut, Direktur Superliga Achmad Budiharto mengatakan bergulirnya turnamen Blibli.com Superliga Junior 2017 diharapkan meningkatkan jam terbang para atlet-atlet muda untuk bertanding dalam format beregu.

Pengalaman bertanding dalam format beregu sangat penting bagi para pemain muda. Diharapkan dengan Blibli.com Superliga Junior 2017 ini para pemain muda kita semakin terbiasa berkompetisi di nomor beregu. Ini akan menjadi modal mereka untuk mengikuti kejuaraan beregu di level yang lebih tinggi lagi nantinya,” ujar Achmad Budiharto dalam jumpa pers yang digelar di Ayana Ballroom, Mid Plaza Hotel, Jakarta, Selasa (21/11).

Pada kategori U-19, terdapat delapan klub yang akan bertanding yaitu PB Djarum Kudus, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB Exist Jakarta, PB Jaya Raya Jakarta, SGS PLN Bandung serta tiga klub yang masing-masing berasal dari Tim Jepang, Tim Malaysia dan Tim Korea.

Sementara untuk kategori U-17, klub-klub yang akan menerjunkan atlet muda nya ialah PB Djarum Kudus, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB Exist Jakarta, PB Jaya Raya Jakarta, PB SGS PLN Bandung, FIFA Badminton Club, PB Sarwendah Jakarta dan PB Candra Wijaya Tangerang.

Total sebanyak 11 klub bulutangkis papan atas dari Indonesia, Jepang, Malaysia, hingga Korea yang akan menurunkan atlet terbaiknya untuk meraih juara di dua kategori pertandingan yakni U-17 dan U-19.

Total hadiah yang diperebutkan pada Blibli.com Superliga Junior 2017 yakni sebesar Rp. 265 juta. Di kategori U-19 yang memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susi Susanti, masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 100 juta (Juara I), Rp. 50 juta (Juara II), dan Rp. 25 juta (Juara III bersama). Adapun untuk kategori U-17 masing-masing juara pertama akan menerima Rp. 50 juta, runner-up mendapat Rp. 25 juta, dan masing-masing semifinalis menerima Rp. 15 juta.

Pada edisi tahun 2016, tim putra Exist Jakarta sukses membawa pulang Piala Liem Swie King sementara Piala Susy Susanti mampu diraih oleh tim putri Jaya Raya Jakarta.

Hasil Undian Superliga Junior 2017:

1. Kategori Putra

  • U-19

Grup A

Djarum Kudus

Exist Badminton Club

Malaysia

Korea

Grup B

Jaya Raya Jakarta

SGS PLN

Jepang

Mutiara Cardinal

  • U-17

Grup C

Exist Badminton Club

Mutiara Cardinal

CWIBC

Grup D

Djarum Kudus

FIFA Badminton Club

SGS PLN

 

2.Kategori Putri 

  • U-19

Grup W

Jaya Raya Jakarta

Mutiara Cardinal

Exist Badminton Club

Malaysia

Grup X

Djarum Kudus

Korea

Jepang

SGS PLN

  • U-17

Grup Y 

Djarum Kudus

Jaya Raya Jakarta

CWIBC

SGS PLN

Grup Z

Exist Badminton Club

Mutiara Cardinal

FIFA Badminton Club

Sarwendah Badminton Club