Uber Cup 2022 - Menguji Srikandi "Merah Putih" Menangkis Kekuatan Eropa

Komang Ayu Cahya Dewi (Humas PP PBSI)
Komang Ayu Cahya Dewi (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Dalam sebuah ulasan mengenai peta pertarungan Grup A Piala Uber 2022 yang dihuni Jepang, Indonesia, Jerman, dan Prancis, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) menyebutkan ada pertanda baik yang ditunjukkan oleh Komang Ayu Cahya Dewi, saat berlaga di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2022. Namun, apakah pemain berperingkat 203 dunia itu dapat membantu melanggengkan langkah regu putri Indonesia untuk lolos fase grup?

"Komang Ayu Cahya Dewi, yang hampir mengalahkan Akane Yamaguchi di BAC 2022, merupakan pertanda baik (bagi Indonesia). Namun, tanpa pemain top seperti Gregoria Mariska Tunjung, Apriyani Rahayu, Putri Kusuma Wardani, Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Ribka Sugiarto, perjuangan Indonesia dalam menangkis Jerman dan Prancis akan menjadi sebuah sensasi tersendiri di Bangkok," tulis BWF melalui lamanna, Rabu (3/5).

Di kubu Jepang, Yamaguchi adalah pemain andalan yang sulit dibendung oleh lawan. Namun, skuad Jepang perlu mencari solusi lain menyusul mundurnya pemain tunggal Nozomi Okuhara di babak pertama BAC 2022. Opsi tunggal putri lainnya adalah Saena Kawakami dan juara dunia junior Riko Gunji. Pada sektor ganda, Jepang memiliki Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Jerman akan mengandalkan pemain tunggal Yvonne Li dan ganda putri Linda Efler/Isabel Lohau, peraih keping perak Kejuaraan Bulu Tangkis Eropa, serta Stine Küspert/Annabella Jaeger. Sementara, Prancis bertumpu pada Qi Xuefei dan Léonice Huet pada sektor tunggal dan ganda putri Anne Tran/Margot Lambert.

BWF memprediksi, Indonesia, Prancis, dan Jerman, akan saling bersaing untuk merebutkan posisi runner-up grup.