Turun di Dua Sektor, Yuta Watanabe Ingin Memberikan yang Terbaik

Pemain ganda putra dan ganda campuran Jepang, Yuta Watanabe.
Pemain ganda putra dan ganda campuran Jepang, Yuta Watanabe.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Yuta Watanabe akan turun di dua sektor pada Olimpiade Tokyo 2020 nanti. Di ganda putra, Watanabe akan berduet bersama Hiroyuki Endo sebagai unggulan keempat. Sementara di ganda campuran, dia berpasangan dengan Arisa Higashino. Meski memiliki tugas yang berat, namun Watanabe tidak mau menjadikan hal itu sebagai beban. Dia justru ingin tetap fokus pada prioritasnya. Yakni memberikan yang terbaik untuk publik tuan rumah.

“Saya hanya ingin memberikan penampilan terbaik di semua turnamen yang saya ikuti. Saya tidak terlalu memikirkan pentingnya Olimpiade, jadi saya tidak perlu berkeliling turnamen dengan memikirkan perlombaan (poin) Olimpiade,” kata Yuta Watanabe mengutip dari laman resmi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

“Saya pikir yang bisa kami lakukan sebagai pesaing adalah melakukan yang terbaik. Kami berharap dengan melakukan itu, orang-orang di sekitar kami dan orang-orang yang melihat kami akan merasakan sesuatu, meskipun kami tidak dapat memutuskan sesuatu itu. Kami berharap dapat memberikan kesan yang baik kepada orang-orang di sekitar kami. Saya pikir itulah yang dimaksud dengan Olimpiade kali ini,” sambungnya menambahkan.

Watanabe/Higashino sama-sama mengatakan bahwa mereka tidak terlalu banyak berpikir tentang hal yang belum terjadi. Namun ganda campuran nomor lima dunia itu tetap mencoba untuk menjalaninya dan memberikan yang terbaik di setiap kesempatan.

“Kami berdua (Watanabe/Higashino) tipe orang yang tidak terlalu banyak berpikir. Jadi kami tidak melihat terlalu jauh ke depan dan kami percaya bahwa lingkungan setiap orang adalah sama. Jadi, kami hanya mencoba melakukan apa yang kami bisa untuk membuat situasi terbaik,” tuturnya.

“Seperti yang dibilang Yuta, kami bukan orang yang menghabiskan banyak waktu untuk berpikir. Punya waktu setahun lagi untuk latihan membuat kami berpikir kalau kami bisa lebih kuat lagi. Saya berpikir positif terhadap penundaan Olimpiade,” timpal Arisa Higashino menambahkan.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 nanti, Watanabe/Higashino tergabung di dalam Grup C bersama unggulan keempat asal Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Selain itu, mereka juga harus meladeni perlawanan pasangan Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje dan Simon Wing Hang Leung/Gronya Somerville dari Australia.

Sedangkan di nomor ganda putra, Endo/Watanabe menempati Grup B bersama pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov dari Rusia dan wakil Nigeria, Anuoluwapo Juwon Opeyori/Godwin Olofua.