Thomas Cup 2022 - PBSI: Materi Pemain Lawan Tidak Akan Jauh Berbeda

Marcus Fernaldi Gideon & Kevin Sanjaya Sukamuljo (Humas PP PBSI)
Marcus Fernaldi Gideon & Kevin Sanjaya Sukamuljo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim putra Indonesia hanya punya waktu sekitar tujuh bulan untuk menikmati gelar juara Piala Thomas 2020. Lantaran masa rehat dan persiapan yang relatif pendek sebelum memasuki Piala Thomas 2022, materi pemain-pemain Indonesia maupun lawan, diperkirakan tidak bakal berbeda dengan edisi 2020 kejuaraan beregu ini.

"Persaingan tidak akan jauh berbeda, kekuatan lawan juga saya rasa seperti itu. Tapi mungkin ada satu dua pemain baru yang akan tampil dan itu kita harus waspadai karena permainannya belum diketahui," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, lewat siaran pers Humas PP PBSI, Jumat (1/4.

Berdasarkan hasil undian putaran final fase grup Piala Thomas 2022 yang digelar pada Jumat (1/4) di Bangkok, Thailand, juara bertahan Indonesia dan tuan rumah Thailand menempati Grup A. Pada putaran final kejuaraan beregu yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, 8-15 Mei tersebut, Indonesia dan Thailand satu grup dengan Korea Selatan dan Singapura.

Pada Piala Thomas 2020, Indonesia diperkuat Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo, pada sektor tunggal. Sementara pada nomor ganda, Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando, dan Daniel Marthin.

Secara umum Rionny menjelaskan, hasil undian tersebut menempatkan tim putra Indonesia berada di grup sulit. Namun, pelajaran berharga yang didapat dari Piala Thomas 2020 adalah, setiap pemain dapat fokus satu demi satu hingga akhirnya dapat mengangkat trofi kejuaraan beregu ini.

"Itu menjadi pelajaran dan pengalaman kita, mudah-mudahan nanti bisa maksimal dan mempertahankan gelar juara," tegas Rionny. "Intinya kita tidak boleh lengah," pungkasnya.