Thomas Cup 2022 - Lawan Thailand, Formasi Tim Diubah

Herry Iman Pierngadi (Humas PP PBSI)
Herry Iman Pierngadi (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Bangkok | Ada yang berbeda ketika tim putra bulu tangkis Indonesia bertarung pada laga kedua babak penyisihan Grup A Piala Thomas 2022 melawan tuan rumah Thailand. Susunan formasi di sektor ganda putra mengalami perubahan. Menghadapi laga di Impact Arena, Bangkok, Senin (9/5), pukul 19.00 waktu setempat, Indonesia menurunkan susunan formasi tiga tunggal yang sama dan dua ganda yang berbeda. Perubahan ini dinilai sebagai strategi.

"Kita menurunkan susunan formasi yang berbeda dengan kemarin saat melawan Singapura. Itu semuanya demi strategi," kata pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Herry Iman Pierngadi, lewat siaran pers Humas PP PBSI.

Alasan perubahan ini, lanjut  Herry, lantaran para pemain perlu beradaptasi dengan kondisi Impact Arena yang berangin. Kondisi angin di arena saat dipakai bertanding, berbeda dengan saat berlatih. Terlebih, sejumlah pemain masih terbawa suasana dengan embusan angin kencang saat bertarung dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Asia di Manila, Filipina, pada pekan lalu.

"Saat latihan dan tanding di Impact Arena, kondisi embusan anginnya berbeda. Kemarin saat latihan, penyejuk ruangan belum diaktifkan penuh. Jadi pemain perlu dan harus bisa beradaptasi dengan embusan angin saat bertanding. Makanya, semua pemain perlu turun bertanding," jelasnya.

"Karena itu, tujuh pemain yang saya bawa harus saya mainkan semuanya. Agar mereka bisa cepat beradaptasi dan merasakan bagaimana atmosfer arena pertandingan dengan baik," Herry, menambahkan.

Berikut susunan pertandingan antara Indonesia dan Thailand pada penyisihan Grup A Piala Thomas 2022, Senin (9/5):

  • Anthony Sinisuka Ginting vs. Kunlavut Vitidsarn
  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs. Chaloempon Charoenkitamorn/Nanthakarn Yordphaisong
  • Jonatan Christie vs. Kantaphon Wangcharoen
  • Bagas Maulana/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs. Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul
  • Shesar Hiren Rhustavito vs. Sitthikom Thammasin