Thomas Cup 2022 - Jojo: Tak akan Mudah Mempertahankan Gelar

Jonatan Christie & Chico Aura Dwi Wardoyo (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie & Chico Aura Dwi Wardoyo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Besar kemungkinan, formasi juara Piala Thomas 2020 di Aarhus, Denmark, 9-17 Oktober 2021, bakal kembali diturunkan di Piala Thomas 2022. Pandemi Covid-19 memaksa penyelenggaraan kejuaraan beregu dua tahunan ini diundur Mei 2020 menjadi Oktober 2021, sehingga setiap peserta hanya memiliki waktu sekitar tujuh bulan sebelum bersaing di Piala Thomas 2022 di Bangkok, Thailand, 8-15 Mei.

Jonatan Christie, salah satu pahlawan tim Thomas Indonesia, berpendapat, lantaran waktu persiapan yang pendek, diperkirakan materi pemain tahun ini tidak akan berbeda dengan skuad Thomas 2020. Namun, mempertahankan gelar akan lebih sulit.

"Posisi pemain dalam tim tidak akan jauh berbeda dengan sebelumnya karena penyelenggaraan berselisih beberapa bulan," ujar atlet yang akrab disapa Jojo ini kepada Kompas, Sabtu (2/4).

"Pasti tak akan mudah mempertahankan gelar juara," Jojo, menambahkan.

Lebih lanjut pemain tunggal ini mengemukakan, persaingan pada penyisihan grup tidak dapat dianggap remeh, meski Indonesia ditempatkan sebagi unggulan teratas.

Berita bertajuk  "Pertahankan Gelar Akan Sulit" itu disebutkan,Korea Selatan kuat di nomor ganda. Sedangkan Singapura memiliki juara dunia tunggal Loh Ken Yew. Adapun Thailand memiliki dua tunggal putra yang kuat.

Pada fase penyisihan grup Piala Thomas 2020, Indonesia menyisihkan Thailand, Taiwan, dan Aljazair. Kemudian Malaysia di perempat final, Denmark (semifinal), dan akhirnya keluar sebagai juara usai mengalahkan China.

Untuk kali pertama sejak 2002, Indonesia membawa pulang piala dari kejuaraan Piala Thomas.