Thailand Masters 2023 - Leo/Daniel Berusaha Bertahan meski Kelelahan

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Djarum Badminton)
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mengaku masih mengalami kelelahan saat berlaga di babak pertama Thailand Masters 2023, Rabu (1/2), seusai tampil habis-habisan pada Indonesia Masters 2023 pada pekan lalu. Gelar juara yang diraih di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, kini berdampak pada kekuatan fisik yang belum kembali pulih, sehingga berpengaruh pada performa mereka saat bertemu Rasmus Kjær/Frederik Søgaard dari Denmark.

Bertanding di babak pertama turnamen level BWF World Tour Super 300 di Nimibutr National Stadium, Bangkok, Leo/Daniel menang 21-11, 18-21, 21-19. Laga tiga gim tersebut, menurut Daniel, cukup menguras fisik mereka. "Tadi, kondisi fisik kami memang ada pengaruhnya setelah tampil di final Indonesia Masters lalu. Makanya sampai bertanding rubber game," tutur Daniel.

Antara melaporkan, kelelahan yang dialami unggulan keempat itu sejatinya dialami lantaran telah bertanding sejak awal Januari 2023. Dengan keikutsertaan mereka pada turnamen di Bangkok ini, maka mereka sudah menjalani empat turnamen secara beruntun yang diawali Malaysia Open (Super 1000), lalu India Open (Super 750), hingga Indonesia Masters (Super 500).

Meski tak menyangkal dengan kondisi fisik yang belum membaik, Leo/Daniel menolak menyerah. "Tetapi, bagaimana lagi? Kami harus bisa mengatasi kondisi lelah karena harus bertanding di empat turnamen secara terus-menerus," katanya.

Lebih lanjut Daniel meyatakan, keunggulan yang dimiliki pada gim pembuka terjadi berkat strategi yang baik yang diterapkan dan dapat bermain no lob. Namun, Leo/Daniel justru membuat banyak kesalahan sendiri yang merugikan. Setelah tertinggal, duo Indonesia kesulitan meredam serangan Kjær/Søgaard.

Hal hampir serupa kembali terjadi pada paruh awal gim terakhir, Leo/Daniel terus mendapatkan tekanan dari duo Denmark tersebut. Namun, mereka berinisiatif mengubah strategi untuk berbalik lebih aktif menyerang. "Di gim ketiga meski sempat ketinggalan, kami terus berusaha untuk mendapatkan poin demi poin. Kami pantang menyerah dan berusaha terus hingga akhirnya bisa mengejar dan menang," ungkap Daniel.

Pada babak 16 besar, Kamis (2/2), Leo/Daniel bertemu dengan sudah ditunggu ganda putra Taiwan, Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan. Belajar dari pengalaman pada babak awal, Leo/Daniel akan bermain menyerang sejak awal pertandingan agar tidak memberi peluang bagi lawan untuk menekan. "Untuk babak kedua melawan pasangan Taiwan, strategi kami dari awal harus lebih menyerang. Harus bermain menekan lebih dulu," pungkasnya.