Sistem Kualifikasi Poin ke Olimpiade Tokyo Kemungkinan Tidak Berubah

Olimpiade Tokyo 2020.
Olimpiade Tokyo 2020.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Para pebulutangkis di seluruh dunia bisa tersenyum dan bernafas lega setelah Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), kemungkinan besar tidak akan mengubah sistem kualifikasi perhitungan poin untuk Olimpiade Tokyo 2020 yang akan digelar tahun depan. Perhitungan poin Race to Tokyo akan tetap dilanjutkan dengan beberapa turnamen tersisa yang sempat ditunda akibat wabah COVID-19.

Secara resmi, BWF telah menangguhkan seluruh turnamen selepas kejuaraan All England 2020 BWF World Tour Super 1000, pertengahan Maret lalu. Setelah mengumumkan keputusan tersebut, BWF pun dipastikan tidak bisa menuntaskan enam pekan terakhir dalam periode kualifikasi Race to Tokyo yang dijadwalkan berakhir pada 30 April lalu.

Sisa turnamen yang masuk ke dalam periode perhitungan poin kualifikasi Race to Tokyo antara lain German Open 2020 BWF World Tour Super 300, Swiss Open 2020 BWF World Tour Super 300, India Open 2020 BWF World Tour Super 500, Malaysia Open 2020 BWF World Tour Super 750, Singapore Open 2020 BWF World Tour Super 500 dan Badminton Asia Championships 2020.

“Badan dunia telah mengadakan pertemuan dewan mereka via online dan mereka diatur untuk melanjutkan periode kualifikasi Olimpiade tahun depan. Mereka hanya akan melanjutkan turnamen kualifikasi yang terpengaruh dalam beberapa pekan terakhir,” kata seorang sumber seperti dikutip dari The Star.

BWF diharapkan bisa segera memberikan pengumuman resmi terkait kemungkinan ini dan merilis kalender baru yang telah direvisi. “Ini dianggap adil karena banyak atlet yang telah bekerja keras untuk lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 sejak tahun lalu,” sambung pernyataan tersebut.