Putri KW: Gelar Czech Open 2021, Kado Ultah untuk Papa

Putri Kusuma Wardhani Juara Czech Open 2021 (Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardhani Juara Czech Open 2021 (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Prestasi membanggakan ditorehkan Putri Kusuma Wardhani dengan menjuarai Czech Open 2021, Minggu (24/10). Gelar tersebut juga ia persembahkan sebagai kado ulang tahun (ultah) sang ayah tercinta. "Kemenangan ini tentu juga untuk PBSI, pelatih, dan masyarakat Indonesia yang mendukung saya. Gelar ini juga saya persembahkan untuk kado ulang tahun Papa yang jatuh tanggal 18 Oktober lalu," katanya.

Sukses meraih gelar juara diukir pemain yang kerap disapa Putri KW ini, usai menundukkan wakil Malaysia Siti Nurshuhaini pada partai final yang digelar di Sport hall Vodova, Brno, Republik Ceko. Putri KW menang dua gim langsung 21-16, 21-5 dalam durasi 31 menit.

Gelar juara Czech Open 2021 menjadi gelar internasional kedua Putri di level senior. Sebelumnya, atlet berusia 19 tahun itu sukses menjuarai Spain Masters 2021 pada Mei lalu.

Sementara, mengutip cuitan akun Twitter @BadmintonTalk, prestasi putri sekaligus menyudahi puasa gelar sektor tunggal putri Indonesia. Kali terakhir Indonesia meraih gelar juara di nomor tunggal putri, yakni melalui Fitriani pada Thailand Masters 2019. Putri pun menjadi salah satu dari empat tunggal putri Indonesia yang mampu menjuarai turnamen Grand Prix Gold/Super 300 atau di atasnya.

Mengawali partai final Czech Open 2021, Putri, yang menjadi unggulan ke-8, sempat dibuat kerepotan oleh Siti Nurshuhaini. Pada gim pertama tersebut, kedua pemain sama-sama mengoleksi dua poin. Namun, dengan tenang, Putri perlahan menjauh lewat smes dan drop shot akurat. Ia bahkan berhasil menutup interval gim pertama dengan skor 11-7. Meski sempat melakukan beberapa kesalahan, Putri akhirnya bisa menutup gim pertama 21-16.

Di awal gim kedua, Putri langsung memimpin 4-0 atas Siti Nurshuhaini dan terus menjauh, hingga menutup interval gim kedua dengan skor 11-2. Unggul jauh atas Siti Nurshuhaini, membuat Putri dengan mudah menyelesaikan gim kedua dengan skor 21-5.

Menanggapi gelar juara anyarnya ini, melalui keterangan pers Humas dan Media PP PBSI, Putri berujar, "Alhamdulillah saya juara di Czech Open. Ini tentu sangat menyenangkan bisa juara. Apalagi, gelar ini saya raih di negara lain."