Piala Thomas & Uber 2020, Menanti Kiprah Pemain Muda Indonesia

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP.PBSI, Rionny Mainaky. (Dok PP PBSI)
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP.PBSI, Rionny Mainaky. (Dok PP PBSI)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Satu pekan setelah Piala Sudirman 2021 rampung digelar, ajang Piala Thomas & Uber 2020 sudah menanti di Aarhus, Denmark, 9-17 November mendatang. Tim Indonesia dipastikan membawa beberapa pemain muda untuk mengisi line-up tim Thomas maupun tim Uber.

Pemain-pemain muda ini akan bekerjasama dengan para seniornya untuk mengembalikan piala yang sudah lama tidak kembali ke Tanah Air. Deretan pemain muda tersebut di antaranya kakak beradik Chico Aura Dwi Wardoyo dan Ester Nurumi Tri Wardoyo, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Putri Syaikah hingga Jesita Putri Miantoro. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky membeberkan alasannya.

"Dasar pemilihan, intinya dari performa di turnamen-turnamen terakhir juga kami evaluasi dari latihan-latihan mereka. Secara individu mereka yang paling siap dan mumpuni. Saya pastikan mereka siap untuk bertarung dan bukan hanya bertarung tapi mereka juga siap menyumbangkan poin untuk tim," jelas Rionny.

"Pemain-pemain muda ini kalau saya lihat di latihan memang sudah sangat baik, mereka sangat termotivasi untuk memberikan yang terbaik. Nanti mereka juga akan menyusul ke Denmark baru bergabung dengan tim di sana. Selama persiapan di Indonesia, saya sudah perintahkan tim pelatih untuk lebih menyiapkan lagi dengan program-program yang ketat. Saya berharap mereka bisa ambil ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya," lanjutnya.

Rionny mengerti, sebagai pemain-pemain debutan, tekanan dan rasa minder akan ada di pundak mereka. Oleh karena itu, adik kandung dari Richard Mainaky itu berusaha untuk menguatkan mental anak asuhnya itu.

"Supaya mereka tidak minder karena pertama kali ikut di ajang beregu, saya juga sudah meminta mereka dalam beberapa minggu terakhir ini untuk sparring bersama senior-seniornya. Saya juga sering mengingatkan mereka secara pribadi apa saja tekanan yang ada di dalam tim dan bagaimana mengantisipasinya. Ini untuk memperkuat mental mereka," kata Rionny.

Berikut daftar lengkap tim Piala Thomas & Uber Indonesia:

Tim Thomas :

  1. Anthony Sinisuka Ginting
  2. Jonatan Christie
  3. Shesar Hiren Rhustavito
  4. Chico Aura Dwi Wardoyo
  5. Marcus Fernaldi Gideon
  6. Kevin Sanjaya Sukamuljo
  7. Mohammad Ahsan
  8. Hendra Setiawan
  9. Fajar Alfian
  10. Muhammad Rian Ardianto
  11. Leo Rolly Carnando
  12. Daniel Marthin

 

Tim Uber :

  1. Gregoria Mariska Tunjung2. Putri Kusuma Wardani3. Nandini Putri Arumni4. Ester Nurumi Tri Wardoyo
  2. Greysia Polii
  3. Apriyani Rahayu
  4. Siti Fadia Silva Ramadhanti
  5. Ribka Sugiarto
  6. Nita Violina Marwah
  7. Putri Syaikah
  8. Febby Valencia Dwijayanti Gani
  9. Jesita Putri Miantoro