Peringkat Pemain - Ginting dan "The Daddies" Turun Satu Tingkat

Anthony Sinisuka Ginting (Djarum Badminton)
Anthony Sinisuka Ginting (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan turun satu tingkat dalam daftar peringkat terbaru Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang diumumkan pada Selasa (6/9). Memasuki pekan ke-36 atau pascaperhelatan turnamen Super 750 Japan Open 2022 pada pekan lalu, terdapat sejumlah perubahan dalam daftar peringkat dunia pemain.

Pada sektor tunggal putra, Anthony turun satu tingkat ke posisi keenam dunia setelah tersisih di babak delapan besar Japan Open 2022 dengan mengantongi 89.879 poin. Atlet kelahiran Cimahi, Jawa Barat, itu, digusur oleh pemain Taiwan Chou Tien Chen yang menjadi runner-up Japan Open 2022 dengan mengantongi 91.126 poin.

Urutan teratas pada sektor ini masih di tempati Viktor Axelsen dari Denmark yang mengoleksi 122.606 poin. Kento Momota asal Jepang di posisi kedua dengan 107.104 poin. Pebulu tangkis Denmark lainnya, Anders Antonsen, dan Lee Zii Jia dari Malaysia masing-masing di posisi ketiga (93.300 poin) dan keempat (91.578 poin).

Sementara, tunggal putra "Merah Putih" lainnya, Jonatan Christie, tetap di posisi delapan dengan 79.662 poin. Shesar Hiren Rhustavito di posisi ke-24 dengan 53.603 poin.

Terjadi perubahan pada sektor ganda putra. Ahsan/Hendra alias "The Daddies" juga turun satu tingkat ke urutan keempat setelah hanya bertahan hingga babak kedua di Jepang. Ahsan/Hendra bertukar tempat dengan Lee Yang/Wang Chi-Lin dari Taiwan yang naik ke peringkat tiga.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon masih berada di puncak peringkat ganda putra dengan 107.527 poin, diikuti ganda putra Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dengan 102.050 poin. Ganda putra Indonesia lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, masih berada di peringkat keenam dunia mengoleksi 86.855 poin.

Kemudian tiga pasangan muda Indonesia lainnya, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, tak mengalami perubahan peringkat masing-masing tetap berada di posisi 14, 18, dan 20 dunia.

Antara melaporkan, pada sektor tunggal putri, Akane Yamaguchi, kampiun Japan Open 2022 setelah mengalahkan Tai Tzu Ying dari Taiwan, berada di posisi puncak. Sedangkan tunggal putri andalan Indonesia Gregoria Mariska Tunjung masih bertahan di posisi 23 dunia dengan mengoleksi 52.281 poin.

Pada sektor ganda putri, pasangan China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan masih di posisi tertinggi dengan mengoleksi 112.466 poin. Menyusul dua wakil Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan dan Kim So Yeong/Kong Hee Yong.

Sementara, wakil Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi berhasil naik. Setelah sama-sama melaju hingga perempat final Japan Open 2022, Apriyani/Fadia naik sembilan tingkat tingkat ke posisi ke-31 dengan 45.690 poin dan Febriana/Amalia naik enam tangga ke posisi ke-36 dengan 41.168 poin.

Terakhir pada sektor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus turun dua peringkat ke urutan ke-18 dunia dengan 60.500 poin. Pun demikian dengan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso yang turun empat tingkat ke-31 dunia. Adapun Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti masih tertahan di urutan kelima meski saat ini Praveen tengah menjalani pemulihan cedera dan absen di beberapa turnamen.

Posisi pertama pada sektor ganda campuran masih di tempati pasangan dari Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dengan 115.400 poin. Sementara wakil China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, menempati peringkat kedua  dengan 110.900 poin.