Malaysia Open 2022 - Dua Ganda Campuran ke 16 Besar

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Humas PP PBSI)
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Kuala Lumpur | Dua ganda campuran Indonesia sukses merebut tiket babak 16 besar turnamen bulu tangkis Malaysia Open 2022. Hasil ini mereka peroleh usai memenangi laga babak 32 besar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Selasa (28/6). Kemenangan dibuka Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang mengalahkan pasangan Hong Kong, Chang Tak Ching/Ng Wing Yung, dengan tiga gim, 23-21, 8-21, 21-18.

"Kami bermain belum enak hari ini. Masih penyesuaian dengan lapangan dan arah angin. Di gim pertama kami bisa menang tapi di gim kedua kami malah ragu-ragu mainnya padahal menang angin kondisinya cuma karena anginnya kencang, kami jadi takut bolanya keluar terus," jelas Rehan, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

"Di gim ketiga Lisa bilang sama saya untuk bermain lepas. Pelatih juga bilang sekarang fokus dulu cari poin di lapangan yang kalah angin, saat pindah di interval jangan dipikirin dulu. Kami juga masih bermain terlalu terburu-buru padahal lawan sebenarnya sedang tidak enak mainnya, banyak mati sendiri juga," Rehan, menambahkan.

Belum tampil tenang membuat Rehan/Lisa terus mengingatkan satu sama lain. Hal inilah yang membuat mereka akhirnya keluar sebagai pemenang. "Kami komunikasi terus, saya bilang Rehan untuk jangan terlalu nafsu karena kita mainnya terburu-buru. Saya juga bilang untuk sabar dan jangan terlalu menyesali kalau hilang poin, fokus lagi, cari poin lagi," Lisa, menjelaskan.

Kemenangan pasangan nomor 46 dunia itu menginspirasi sang kompatriot Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Rinov/Pitha secara heroik menang atas pasangan tuan rumah Chan Peng Soon/Cheah Yee See lewat permainan rubber game 9-21, 21-12, 22-20.

"Tadi di gim pertama kita menang angin dan sebenarnya sudah diantisipasi tapi ternyata kondisinya berbeda jauh dengan saat latihan jadi agak kaget. Di gim kedua kita bisa mulai bisa adpatasi dan bermain dengan leluasa, lebih enak," kata Rinov.

"Di gim ketiga khususnya di poin-poin kritis, kunci kemenangan kita adalah tetap konsisten dengan pola permainan yang kita mau dan yang terpenting percaya sama partner jadi tidak takut untuk melakukan apapun. Komunikasinya terus dijaga," sambung Pitha.

Tekanan kepada Rinov/Pitha dari publik Negeri Jiran yang hadir di Axiata Arena sungguh terasa di laga ini. Tapi dukungan untuk Chan/Cheah itu tidak mampu menggoyahkan fokus pasangan peringkat 19 dunia itu.

"Tidak terlalu terpengaruh ya (tekanan penonton). Selama kita masih bisa fokus pasti tidak merasa terganggu. Normal saja," ujar Rinov.

Di babak 16, Kamis (30/6), Rehan/Lisa akan ditantang peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping asal China. Sementara Rinov/Pitha bersua wakil Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet.