BATC 2022 - Panggung Pembuktian Para Debutan

Bagas Maulana (Humas PP PBSI)
Bagas Maulana (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Selangor | Dari 20 atlet putra dan putri yang dikirim berlaga di Kejuaraan Asia Beregu atau Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022, sebagian besar merupakan pemain yang baru kali pertama bertarung di kejuaraan beregu senior. Mereka merasa senang dan bangga berkesempatan membela "Merah Putih" di panggung internasional. Namun, tak sedikit di antara para pemain muda ini yang diselimuti rasa tegang jelang kejuaraan.

"Saya sangat senang dan bangga mendapat kesempatan ikut serta dalam pertandingan beregu ini. Hal ini bisa menjadi pengalaman baru dan menjadi pembelajaran baru untuk ke depannya nanti," ungkap pemain ganda putra, Muhammad Shohibul Fikri, dalam siaran pers Humas PP PBSI, Kamis (10/2).

"Saya pun sangat bangga karena bisa terpilih masuk tim BATC. Saya ingin tampil maksimal dan memberi hasil terbaik dan semoga setiap diturunkan bisa menyumbang poin buat tim," timpal Bagas Maulana, pasangan Fikri.

Selain Bagas/Fikri, nama baru lainnya yang bakal menjalani debut memperkuat tim Indonesia di BATC, yakni atlet tunggal putra Yonathan Ramlie. Kali pertama menghadapi ajang beregu senior ini, Yonathan mengalami perasaan campur aduk, mulai dari senang, tegang, hingga takut.

"Ada takut-takutnya karena ini pertama kali saya masuk tim BATC. Tetapi saya cukup yakin karena merasa persiapannya sudah cukup bagus," katanya.

"Walau dikarantina juga, tetap ada program latihan dari pelatih," Yonathan, menambahkan.

PP PBSI menyatakan, meski ada para pemain yang merasa tegang menyambut laga debut BATC 2022, namun anggota skuad "Garuda Muda" optimistis untuk tampil maksimal dan menyumbangkan poin.

Hanya beberapa yang pernah tampil di ajang beregu, seperti Daniel Marthin, Leo Rolly Carnando, Gregoria Mariska Tunjung, dan Putri Kusuma Wardani. Mereka dipercaya untuk memperkuat Indonesia pada Piala Thomas dan Uber 2020 di Denmark.

Saat ini, para pemain tengah menjalani karantina mandiri. Usai karantina, skuad muda Indonesia langsung terjun ke BATC 2022 yang digelar di Selangor, Malaysia, pada 15-20 Februari.