Indonesia Masters 2022 - Tersisa Rahmat/Pram di Final

Rahmat Hidayat/Pramudya Kusumawardana (Humas PP PBSI)
Rahmat Hidayat/Pramudya Kusumawardana (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Malang | Keberhasilan Rahmat Hidayat/Pramudya Kusumawardana lolos ke final Indonesia Masters 2022, sekaligus menjadikan ganda putra anyar itu selaku satu-satunya wakil tuan rumah di partai puncak. Sementara, empat wakil Indonesia lainnya, masing-masing satu pada tunggal putri dan ganda putri serta dua pada sektor ganda campuran, tumbang di babak empat besar yang berlangsung di Platinum Arena, Malang, Jawa Timur, Sabtu (22/10).

Tunggal putri tuan rumah Komang Ayu Cahya Dewi kalah dari wakil Jepang, Riko Gunji, dengan skor identik 14-21, 14-21. Sementara, ganda putri Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum harus angkat koper seusai kalah dari pasangan Jepang, Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto, dengan straight games 11-21, 13-21.

Sementara pada sektor ganda campuran, perjalanan Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata dihentikan oleh pasangan China, Cheng Xing/Chen Fang Hui, usai melalui rubber game 21-23, 21-13, 14-12.

Sebelum Jafar/Aisyah terhenti, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja juga dikandaskan oleh wakil China, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin, juga melalui rubber game 17-21, 21-15, 21-23.

Rahmat/Pramudya kini berpeluang untuk kembali naik ke podium teratas di Kota Malang, setelah memastikan tiket final Indonesia Masters 2022 pada Sabtu (22/10). Rahmat/Pramudya menang dua gim langsung atas Hiroki Okamura/Masayuki Onodera asal Jepang dengan skor 21-18, 21-14 dalam pertarungan semifinal yang berlangsung di Platinum Arena, Malang, Jawa Timur.

Secara keseluruhan, China mendominasi partai final dengan menempatkan empat wakilnya, disusul Jepang (3), Malaysia (2), serta tuan rumah (1). China, Jepang, dan Malaysia, dipastikan memboyong satu gelar juara setelah tercipta laga sesama pemain asal tiga negara tersebut pada sektor ganda campuran, ganda putri, dan tunggal putra.

Sementara, final ganda putra mempertemukan Rahmat/Pram dengan unggulan pertama asal China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong.

Berikut rangkaian pertandingan final Indonesia Masters 2022, Minggu (23/10):

Ganda Campuran
Cheng Xing/Chen Fang Hui (China) vs. Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China)

Tunggal Putri
Riko Gunji (Jepang) vs. Gao Fang Jie (China)

Ganda Putri
Rui Hirokami/Yuna Kato (Jepang/1) vs. Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto (Jepang/5)

Tunggal Putra
Cheam June Wei (Malaysia/7) vs. Leong Jun Hao (Malaysia)

Ganda Putra
He Ji Ting/Zhou Hao Dong (China/1) vs. Rahmat Hidayat/Pramudya Kusumawardana (Indonesia/5)