Berharap Hasil Lebih Baik di Jerman

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Humas PP PBSI)
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by

Jakarta | Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky berpendapat, hasil tidak baik bahkan menurun dicapai oleh skuad Indonesia di French Open 2022. Namun, Rionny menyebut sejumlah nama pada sektor ganda putra dan ganda campuran yang mengalami peningkatan performa. Keterpurukan di dua turnamen level BWF World Tour Super 750 tersebut, diharapkan dapat membangkitkan motivasi para pemain kala bertanding di Hylo Open 2022, 1-6 November 2022 di Saarbrücken, Jerman.

"Prestasi para pemain Indonesia di turnamen Prancis Terbuka lalu, bisa saya katakan tidak baik dan menurun dibanding di Denmark Terbuka sebelumnya. Meski begitu, ada juga pemain dengan performanya justru naik, seperti pada pasangan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, ganda campuran Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati," Rionny memaparkan, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Senin (31/10) siang WIB.

Secara umum, Rionny memberi nilai cukup baik atas performa para pemain Indonesia. Namun, kendala yang dihadapi skuad "Merah Putih" pada umumnya terjadi pada poin-poin akhir di gim penentuan. "Ini dikarenakan faktor non-teknis yaitu persoalan mental. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah dan catatan serius bagi saya, para pelatih, dan yang utama atletnya itu sendiri," jelasnya.

"Selain itu, penurunan performa di Prancis ini juga karena strategi permainan di poin-poin kritis yang tidak tepat. Pemain juga tidak fokus, kurang tenang, dan kurang konsisten. Sehingga pemain masih banyak melakukan kesalahan sendiri pada saat kondisinya lagi tegang," Rionny, menambahkan.

Untuk evaluasi performa pemain, Riony beserta jajaran pelatih menganalisis sejumlah pertandingan di Denmark maupun Prancis melalui rekaman video, yang kemudian akan didiskusikan dengan para pemain. "(Tujuan) Ini menganalisis kelemahan dan kelebihan diri sendiri dan lawan. Selain itu berusaha mencari dan memberikan solusi terbaik kepada atlet di masing-masing sektor, baik secara mental maupun teknik," katanya.

Sementara terkait persiapan di Hylo Open 2022 yang akan dimulai pada Selasa (1/11), secara umum Rionny menyatakan bahwa semua atlet dan pelatih dalam kondisi sehat dan tetap bersemangan. Program latihan yang diberikan kepada para atlet oleh pelatih tetap berjalan secara teratur. "Kekalahan kemarin di Denmark dan Prancis Terbuka akan menjadi motivasi untuk bangkit dan lebih bersemangat lagi dengan daya juang yang lebih tinggi," tutur Rionny.

"Ini menjadi kunci untuk bisa menjadi juara dan memperbaiki prestasi di masing-masing sektor," pungkasnya.