BAM Undang Pemain Independen Untuk Berlatih Bersama Jelang Piala Thomas dan Uber 2020

Goh V Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia).
Goh V Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) mengundang beberapa pemain independen atau profesional di negaranya untuk turut serta bergabung dalam pelatihan di tim nasional jelang putaran final Piala Thomas dan Uber 2020 yang akan berlangsung di Aarhus, Denmark mulai 3 hingga 11 Oktober mendatang. Rencananya, BAM akan memulai pemusatan latihan nasional pada pertengahan Juli 2020.

Meski belum ada nama-nama pasti yang diumumkan, namun pebulutangkis ganda putra seperti Goh V Shem, Tan Wee Kiong, Ong Yew Sin dan Teo Ee Yi bahkan Chan Peng Soon serta Goh Liu Ying diharapan berada di dalam daftar. Bukan cuma mereka, nama Liew Daren dan Soong Joo Ven juga menjadi pertimbangan BAM karena mereka adalah tunggal putra nomor dua dan tiga tertinggi di Malaysia saat ini.

Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria mengatakan bila undangan itu akan diperluas kepada para pemain independen yang paling mungkin memenuhi syarat untuk Olimpiade Tokyo 2020 tahun depan dan dianggap sebagai yang terbaik untuk memperkuat skuat Malaysia di Piala Thomas 2020 mendatang.

“Demi kepentingan bangsa dan juga tim bulutangkis nasional, saya telah memutuskan untuk mengundang para pemain independen yang paling mungkin lolos ke Olimpiade Tokyo (berdasarkan daftar peringkat Race to Tokyo saat ini) untuk berlatih dengan tim nasional pada pertengahan Juli nanti,” kata Seri Norza Zakaria dikutip dari The Star.

“Saya tentu berharap para pemain independen ini akan mengambil kesempatan ini untuk bekerja sama sebagai satu tim Malaysia. Dan pada saat yang sama, bekerja lebih keras untuk mencapai impian Olimpiade. Karena kami ingin pemain terbaik yang ada untuk mewakili Malaysia. Dan saya ingin menyampaikan undangan kepada para pemain independen untuk bergabung dengan tim ini di Final Piala Thomas juga,” lanjutnya menambahkan.

“Para pemain independen yang terpilih akan diundang untuk berlatih pada pertengahan Juli nanti. Diharapkan para pemain ini akan bisa berlatih bersama dan pada saat yang sama, untuk membangun espirit de corps di antara mereka. Saya juga tentunya berharap jika para pemain ini akan melakukannya dengan baik, terutama untuk dua turnamen penting ini, membawa kejayaan bagi negara kita tercinta, Malaysia,” tutur Norza.

Saat ini BAM terus bekerja erat dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia untuk mengatur kembalinya para pebulutangkis mereka secara bertahap setelah pemerintah melonggarkan beberapa pembatasan di bawah perintah kontrol gerakan bersyarat (MCO).

Pelatihan tim nasional telah ditunda sejak 18 Maret lalu. Pemain yang berada dalam Race to Tokyo, akan diberikan prioritas dan diharapkan bisa melaporkan kembali untuk menjalani pelatihan pada 1 Juni mendatang. Sedangkan untuk persiapan Piala Thomas dan Uber 2020 akan dimulai 15 Juni nanti.