(Badminton Asia Team Championships) Tim Putri Amankan Tempat di Putaran Final Piala Uber 2020

Tim putri Indonesia.
Tim putri Indonesia. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Meski harus tersingkir di babak perempat final Badminton Asia Team Championships 2020, namun tim putri Indonesia tetap dipastikan lolos ke putaran final Piala Uber 2020 yang akan berlangsung di Aarhus, Denmark, Mei mendatang. Greysia Polii cs berhak tampil di kejuaraan beregu putri paling bergengsi itu atas dasar sudah memenuhi ketentuan peringkat dunia.

Sebanyak 16 negara akan bertanding di Piala Uber 2020 mendatang. Satu tempat dipastikan menjadi milik tim putri Jepang yang menyandang status juara bertahan. Kemudian satu tempat lagi akan ditempati Denmark selaku tuan rumah.

Selain itu, empat negara terbaik di ajang Badminton Asia Team Championships 2020, yakni Jepang, Korea, Thailand dan Malaysia juga lolos ke putaran final Piala Uber 2020. Karena Jepang merupakan juara bertahan, maka ‘jatahnya’ akan digantikan Tiongkok. Meski tidak mengikuti Badminton Asia Team Championships 2020, namun dari segi rangking, Tiongkok paling unggul di Asia.

Empat slot dari Eropa diamankan Perancis, Jerman, Skotlandia dan Rusia. Sedangkan Tiga slot dari juara Oseania, Pan Amerika dan Afrika masing-masing direbut Australia, Kanada dan Mesir. Sementara tiga slot terakhir didapatkan Indonesia, Taiwan dan India yang dinilai berdasarkan perhitungan rangking dunia.

“Kita sadar kekuatan kita di sektor putri masih belum merata. Kita harus berjuang lebih keras lagi, terutama di tunggal putri, harus bisa sesegera mungkin menaikkan yang muda-muda, supaya mereka dapat jam terbang yang banyak sehingga bisa masuk level pertandingan yang lebih tinggi," kata Ketua Kontingen atau Chef de Mission tim Indonesia, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto.

Sementara itu, tim putra Indonesia yang menduduki daftar unggulan teratas di Asia dan menjadi juara di ajang Badminton Asia Team Championships 2020, tentu sudah mendapatkan ‘jatah’ di kejuaraan Piala Thomas 2020, Mei mendatang. Sebanyak 16 negara akan berlaga di Piala Thomas 2020. Selain Indonesia, ada Denmark, Tiongkok, India, Jepang, Malaysia, Perancis, Belanda, Rusia, Inggris, Algeria, Kanada, Australia, Taiwan, Korea dan Thailand.