All England 2023 - "Pemanasan" di Jerman Tak Berdampak Signifikan

Jonatan Christie (Djarum Badminton)
Jonatan Christie (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sama dengan hampir semua pemain Indonesia, Jonatan Christie (Jojo) juga melewatkan German Open 2023 untuk fokus ke All England 2023. Jojo, yang berangkat ke Eropa dengan bekal gelar juara Indonesia Masters 2023, memutuskan untuk tidak turun di turnamen level Super 300 itu setelah berdiskusi dengan pelatih tunggal putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Irwansyah.

"Bermain di Jerman Terbuka sebelum All England tidak memberikan dampak signifikan ke performa," kata Jojo, mengutip pemberitaan Kompas, Jumat (3/3).

Pada tahun ini, All England akan berlangsung di Birmingham, Inggris, 14-19 Maret. Turnamen tertua di dunia tersebut adalah salah satu rangkaian turnamen Eropa sepanjang Maret. Dimulai dengan German Open 2023 di Mülheim, Jerman, 7-12 Maret, yang biasanya digunakan sebagai ajang pemanasan sebelum menjajakan persaingan yang lebih elite di Birmingham.

Media harian tersebut, melalui laporan yang berjudul "Fokus Utama Atlet ke All England", menyebutkan bahwa hampir semua pebulu tangkis "Merah Putih" tidak akan tampil di Germann Open 2023. Hanya ada dua wakil Indonesia yang akan mengawali tur Eropa di Jerman, mereka adalah ganda campuran yang diberangkatkan PB Djarum, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Sementara, Irwansyah menyatakan tak ingin memberikan beban mental kepada para pemainnya, jelang All England 2023. Berdasarkan evaluasi dan hasil latihan, Irwansyah menilai setiap anak didiknya mempunyai kans untuk menang sehingga ia tak ingin memberikan beban lebih kepada hanya satu atau dua pemain. "Saya tidak mau membebani, tapi pemain kita keempatnya ada harapan untuk juara," kata Irwansyah kepada Antara, Jumat (3/3).

Berdasarkan hasil undian All England 2023, melansir laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia, skuad Indonesia menurunkan empat tunggal putra dan enam ganda putra. Keempat pebulu tangkis tunggal putra yang dimainkan yaitu Jojo, Anthony Sinisuka Ginting, Chiro Aura Dwi Wardoyo, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Lalu dari nomor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, serta juara bertahan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.