Liem Swie King Sang Legenda Bulutangkis Indonesia

Liem Swie King
Liem Swie King (foto: www.pbdjarum.org)
Badminton TV ‐ Created by RR

Liem Swie King adalah salah satu pemain bulu tangkis legendaris Indonesia asal Kudus. Ia telah puluhan kali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Berkat pukulan jumping smash yang keras dan akurat, Liem Swie King pun dijuluki "King Smash".

Bergabung dengan PB Djarum pada 1971, Liem Swie King mulai membangun kariernya sebagai pebulutangkis yang disegani. Prestasi nasional pertama ia raih ketika menjuarai Munadi Cup pada 1972 dan disusul dengan meraih medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) setahun kemudian.

Nama Liem Swie King semakin dikenal setelah berhasil menjuarai All England pada tahun 1978, 1979 dan 1981. Selain tiga kali menjadi juara All England, Liem Swie King juga berhasil menjadi juara Thomas Cup 1976, 1979, dan 1984. Setelah 15 tahun berkarier sebagai atlet bulutangkis, King memutuskan pensiun pada 1988.

Berikut salah satu video ketika King bertemu dengan sang legendaris Rudy Hartono di final All England tahun 1976, saat itu usia King baru menginjak 20 tahun. Setelah itu, Liem Swie King menjadi penerus kejayaan Rudy.

 

Video Credit: AllEnglandBadminton