Pelatnas Kembalikan Dua Atlet Ke Klub Asal

Ade Yusuf Santoso dan Bellaetrix Manuputty
Nasional ‐ Created by TIF/EP

JAKARTA - Pelatnas PBSI Cipayung kembalikan dua atlet ke klub asal, yakni Ade Yusuf Santoso dan Bellaetrix Manuputty. Itu keputusan resmi PBSI berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor: SKEP/032/0.5/V/2016 dan SKEP/034/0.5/VI/2016, Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia memutuskan untuk mengembalikan dua orang atlet ke klub asal masing-masing.

Sejak dikekuarkannya SK tersebut, Ade kini kembali ke klub Hi-Qua Wima Surabaya. Sedangkan Bellaetrix pulang kampung ke klub Jaya Raya Jakarta.

Ade dipulangkan ke klubnya karena masih dalam proses penyembuhan penyakit yang dideritanya dalam beberapa bulan terakhir. Kondisinya dinyatakan masih belum pulih hingga saat ini, oleh karenanya Ade mesti kembali ke klub lantaran belum bisa menjalani program latihan di Pelatnas Cipayung.

Pengembalian Ade murni karena ia belum pulih dari sakitnya, untuk itu ia harus dikembalikan ke klubnya. Secara teknik Ade tidak mengalami masalah. Jika Ade sudah sembuh dan kondisinya dianggap layak maka Ade akan dipanggil kembali ke Pelatnas,” ujar Kepala Pelatih Ganda Putra, Herry Iman Pierngadi.

Ade merupakan pasangan main dari Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira, keduanya pernah duduk di peringkat 16 dunia dan meraih gelar Thailand Open Grand Prix Gold 2015. Hingga saat ini, Wahyu sementara dipasangkan dengan Hafiz Faisal.

Sementara itu, Bella yang mengalami cedera lutut kiri sejak tahun lalu, hingga saat ini masih belum pulih. Di awal tahun 2016, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rexy Mainaky menyatakan jika Bella belum bisa kembali berlatih selama enam bulan kedepan, maka Bella harus kembali ke klubnya.

Setelah operasi Bella harus menjalani pemulihan, jadi tidak memungkinkan untuk berlatih kembali di Pelatnas pada bulan Juni. Oleh karena itu Bella dikembalikan ke klub. Mudah-mudahan Bella bisa cepat pulih dan berlatih kembali di klub. Jika Bella bisa berprestasi sesuai dengan kriteria PBSI, maka Bella bisa kembali lagi ke Pelatnas,” kata Bambang Supriyanto, Kepala Pelatih Tunggal Putri.

Pasca naik meja operasi pada pertengahan Juni 2016 lalu, Bella mesti menjalani proses pemulihan dalam beberapa bulan kedepan. Bella adalah peraih medali emas tunggal putri di ajang SEA Games Myanmar 2013. Selama berkarir sebagai atlet pelatnas, Bella pernah berada di peringkat 22 dunia.

Kami memang sudah menentukan bahwa ada atlet-atlet yang dipantau sampai bulan Juni 2016,” ujar Rexy kepada Badmintonindonesia.org.

Dari evaluasi tersebut, kami memulangkan dua orang atlet yaitu Ade karena sakitnya belum sembuh dan Bella karena belum pulih dari cederanya,” tambah Rexy.

Pemain-pemain yang lain masih akan dipantau sampai Desember 2016,” pungkas mantan pemain ganda putra era 90-an ini.

Pemulangan dan pemanggilan atlet biasanya dilakukan pada akhir dan awal tahun, namun ada beberapa pemain yang diobservasi performanya selama enam bulan. Jika atlet tersebut bisa mengikuti program dan mencapai target yang telah ditentukan, maka mereka dinilai mampu bersaing dan dipertahankan sebagai anggota tim nasional. Akan tetapi, jika sang atlet tak dapat menjalankan program serta meraih targetnya, mereka mesti kembali ke klub dan PBSI bakal memberikan kesempatan bagi pemain-pemain muda.