Lagu "Indonesia Raya" Berkumandang di Italia

Internasional ‐ Created by Kompas / EP

Roma - Tim Bulutangkis Junior Indonesia gelar juara sektor ganda putra, putri dan campuran di kompetisi Yones Italian Junior Badminton 2015 yang diselenggarakan di stadion Palapellicone, Ostia - Roma, Italia.

Tidak ada kesulitan berarti yang dihadapi pemain Indonesia dalam pertandingan yang diikuti 17 negara peserta itu, yaitu Belanda, Belgia, Bulgaria, Hongaria, Indonesia, Italia, Inggris, Jerman, Perancis, Polandia, Portugal, Ceko, Rusia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Pertandingan itu berlangsung pada 13-15 Maret 2015.

Duta Besar RI untuk Italia August Parengkuan, seperti yang terungkap dalam siaran pers yang dirilis Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma, Senin (16/3), menyatakan sangat terharu menyaksikan kemenangan demi kemenangan yang diraih tim badminton yunior Indonesia dan secara hikmat ikut menyanyikan tiga kali lagu "Indonesia Raya" pada saat pengumuman pemenang dan pemberian piala.

Di final, ganda campuran Indonesia, Ramadiansyah Andika dan Marsheilla Gischa Islami, mengalahkan ganda campuran Rusia, Rodion Alimov dan Alina Davletova. Juara ketiga ganda campuran dalam kompetisi itu juga dari Indonesia, yaitu Yahya Adikumara dan Rahmadhani Hasiyanti Putri, serta dari Rusia, yakni Alexandr Vasilkin dan Kristina Virvich.

Di nomor ganda putri, pasangan Indonesia, Mychelle Christine Bandaso dan Serena Kani, mengalahkan pasangan Indonesia lainnya, yaitu Marsheilla Gischa Islami dan Rahmadhani Hasiyanti Putri. Kedua pasangan ganda putri Indonesia itu sehari sebelumnya berhasil mengalahkan ganda putri dari Rusia sehingga mereka, Ekaterina Kut dan Elizavetta Tarasova serta Yana Ignatyeva dan Kristina Virvich, hanya memperoleh kedudukan sebagai juara ketiga.

Sementara itu ganda putra Indonesia, Yahya Adikumara dan Yantoni Edy Saputra, berhasil keluar sebagai juara pertama setelah bertanding ketat melawan sesama pasangan ganda putra dari Indonesia yang masuk ke babak final, yaitu Andika Ramadiansyah dan Rinov Rivaldy. Adapun pasangan ganda putra yang berhasil masuk semifinal dan menjadi juara ketiga juga dari Indonesia, yaitu Calvin Kristanto dan Bagas Maulana. Ganda putra Swiss, yaitu Dominik Buetikofer dan Julian Lehmann, juga tampil sebagai juara ketiga.

Perebutan juara pertama oleh pasangan ganda putra dan ganda putri dari sesama pemain Indonesia sangat membanggakan masyarakat Indonesia di Italia yang sejak awal terus-menerus memberikan dukungan. Dengan demikian, selain memperoleh tiga piala juara pertama, Indonesia juga membawa pulang dua piala untuk juara kedua (ganda putri dan ganda putra) dan tiga piala juara ketiga untuk ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

sumber : kompas.com